25 January 2010

Membangun PageRank Lewat Networking Bagian 2

Pada bagian pertama, kita belajar mengenai apa itu PageRank dan apa pengaruh PageRank untuk blog/situs kita. Dan penjelasan sederhana bagaimana Google mengukur PageRank sebuah situs/blog. Juga pentingnya incoming links dan bagaimana melakukan tukar-menukar link demi mendapatkan incoming link sebanyak mungkin.
Di bagian kedua ini, kita akan belajar cara lain yang kurang eksplisit untuk mendapatkan incoming link. Yaitu dengan meninggalkan backlink (link yang mengarah ke blog/situs kita). Berikut caranya :


1.Publikasi konten /Menyebar konten
Inti dari sebuah blog/situs adalah konten yang unik dan berguna. Bahkan bila anda memiliki sebuah situs berupa toko buku online sekalipun, supaya menarik perhatian pengunjung, maka anda pastinya ingin menyediakan konten yang menarik.
Beberapa di antara kita kadang-kadang mencari konten dari blog/situs lain yang kita rasa menarik, menyalinnya utuh-utuh, menerjemahkannya ataupun mengubah sebagian bentuk artikel itu. Nah, kita bisa memanfaatkan hal ini dengan cara menawarkan artikel original karya kita yang bernilai/bermanfaat untuk diposting di blog/situs lain. Dan sebagai imbalannya, artikel tersebut harus menyertakan sebuah link yang mengarah ke situs/blog kita.
Pertukaran artikel seringkali dianggap sebagai jenis pertukaran link yang canggih. Ada beberapa bagian penting dari pertukaran artikel ini yang harus anda perhatikan :
-Pertama, article’s byline (yang memberitahu pembaca mengenai siapa penulis artikel tersebut), biasanya disertai dengan sebuah link yang mengarah ke blog/situs anda.
-Kedua, attribution link (yang menjelaskan siapa pengarang/penulis artikel tersebut, dan alamat blog/situsnya) yang tentunya mengandung alamat blog/situs anda.
-Langsung membuat link ke blog/situs anda dari isi artikel. Jangan lakukan secara berlebihan, dan buat link ke artikel blog/situs lain yang berkaitan atau memberi nilai tambah.
  • Bagaimana bila anda merasa tidak punya artikel yang cukup layak untuk ditukar dengan blog/situs lain ? Mintalah ijin untuk memakai artikel dari blog/situs lain, anda bisa saja meninggalkan komentar yang intinya mengatakan bahwa anda akan atau bahkan sudah memakai artikel tersebut, tentunya sertakan salah satu dari tiga hal yang harus diperhatikan di atas. Dan minta sang pemilik blog untuk mengunjungi dan mengecek cara anda menggunakan artikel tersebut. Biasanya dengan senang hati, blogger tersebut akan melihat blog anda dan mengecek, bagaimana anda menggunakan artikel buatannya dan bahkan membuat backlink (link balik) ke blog anda.
Yang perlu diingat : jangan mengkopi / menyalin artikel orang lain/blogger lain tanpa menyertakan alamat blognya dan juga keterangan mengenai dia, sebagaimana yang disebutkan dalam tiga poin di atas. Kalau anda pernah memakai artikel orang lain baik sebagian atau penuh tetapi tidak menyertakan link balik ( backlink), jangan ulangi lagi. Karena itu tindakan tidak beretika.
  • Coba masukkan artikel anda pada situs distribusi artikel atau juga disebut article submission site seperti E-Zine. Sayangnya artikel anda harus berbahasa Inggris. Dan cara ini sangat efektif untuk blog berbahasa Inggris. Artikel harus original buatan anda dan masukkan cukup satu kali. Bila anda, sekalipun tidak sengaja, memasukkan artikel yang sama dua kali, anda bisa dianggap sebagai spammer dan tidak bisa lagi memasukkan artikel lain.
2. Tanda tangan elektronik/signature files
Tanda tangan elektronik/signature file adalah tanda tangan yang biasanya muncul di bawah email dan pesan yang muncul di forum. Kartu elektronik ini biasanya berisi nama pengirim, alamat email, nomer telepon, kode pos dan tentunya alamat blog/situs kita. Tetapi biasanya hanya berisi nama, alamat email dan alamat blog/situs kita.
Bila anda menggunakan layanan feed seperti Feedburner sebagai jasa distribusi konten atau layanan berlangganan, mereka menyediakan cara atau format untuk membuat tanda tangan elektronik ini.
Setiap situs bulleting, dan forum adalah lahan yang subur untuk ’menanam’ tanda tangan elektronik. Tetapi demi kebaikan anda sendiri dan menjaga hubungan baik antara blog/situs anda dengan Spider-nya Google, perhatikan hal-hal berikut :
  • Tetap sesuai topik. Beberapa kelakuan blogger/webmaster lebih buruk daripada spammer. Mereka meninggalkan tanda tangan mereka di mana saja di forum, di setiap topik berbeda hanya untuk sekedar memperoleh backlink. Hal ini justru membuat anda dan blog/situs anda akan diingat dan dibenci anggota forum lain. Bergabunglah dengan forum di bidang yang anda kuasai. Tinggalkan pesan bukan karena hanya ingin meninggalkan tanda tangan, tetapi untuk mendukung terjadinya diskusi yang menarik. Jangan memposting iklan, sekalipun itu relevan dengan topik. Cara terbaik adalah membuat posting/ thread yang menarik, supaya orang mengklik alamat situs/blog anda.
  • Check PageRank sebuah forum sebelum ikut. Semakin tinggi PageRank suatu forum, semakin tinggi atau berharga backlink yang anda dapat dan begitu juga sebaliknya.
  • Jangan tambah atau masukkan halaman forum berisi tanda tangan anda ke Google. Google memang menerima URL submission untuk halaman tunggal yang ingin dimasukkan dalam pengindeksan, beberapa webmaster menyarankan supaya anda memasukkan setiap halaman web yang berisi pesan atau tanda tangan elektronik anda. Jangan lakukan, anda hanya akan mengacaukan hidup blog anda.
3.Tinggalkan komentar di blog/situs lain.
Selain forum, anda juga bisa melakukan hal yang sama di blog atau situs orang lain. Tetapi pastikan bahwa anda tidak melakukan spam. Jagalah komentar anda asli dan jujur, bukan sekedar untuk meninggalkan link.
Backlink Yang Tidak Berguna
Seperti yang kita tahu pada bagian pertama bahwa bila banyak situs/blog menyertakan link ke situs/blog anda, berati mereka mendukung konten atau artikel dalam blog anda dan PageRank anda meningkat. Tetapi semenjak webmaster dan blogger membuat atau memanipulasi hal ini, ada banyak blog/situs yang membuat backlink otomatis. Contohnya situs berisi artikel-artikel miskin isi yang dihubungkan linknya ke homepage, dan blog dengan jaringan backlink sebagai hasil dari pertukaran link yang diotomatisasi.
Google meningkatkan kemampuan mereka sehingga mereka bisa memanipulasi backlink buatan ini, dan menilai hal tersebut sebagai link farm. Berikutnya blog/situs pelaku akan terkena penalti dari Google.
Disarikan dari "Building Your Business With Google For Dummies"

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger