01 March 2012

Review tentang program Double Speed Smartfren

Sebenarnya sejak tahun 2011 lalu, saya sudah mengetahui tentang adanya program Double Speed Smartfren dan program Turbo boost lainnya seperti Premium Booster 1,2 dan 3. Tapi saya belum sempat mencobanya dan enggan mencoba karena beberapa alasan. Satu syarat untuk mengikuti program Double Speed Smartfren adalah jika ada sisa pulsa minimal Rp. 100.000 di HP/modem Anda, maka Anda bisa mengikuti program ini dan mendapat upgrade kecepatan dua kali lipat secara gratis. Upgrade kecepatan akan berlaku dari waktu Anda mendaftar hingga pukul 23.00 di hari yang sama Anda mendaftar.

Justru itu yang membuat saya malas mencoba karena harus ada sisa Rp.100.000 di HP atau modem ( uang sebanyak itu seharusnya tidak disebut sisa..he3x), waktunya hanya sampai pukul 23.00 dan ada FUP sebesar 200 MB. Sementara Premium Booster 1-3 memiliki sistem yang sama dengan Double Speed. Bedanya, ketiga program ini akan mengurangi pulsa Anda dan kecepatan serta FUP yang ditawarkan lebih banyak dibandingkan Double Speed.


Saya sudah memakai SmartFren selama satu tahun terakhir ini. Kebetulan sekali, daerah saya sudah terjangkau sinyal EVDO. Sebelum Smart bergabung dengan Fren, saya sudah pernah merasakan kecepatan Internet yang berbeda-beda. Pada awalnya saya berlangganan kecepatan data 3.1 Mbps unlimited.
Kemudian saya mencoba program 512 Kbps unlimited. Waktu itu, biaya untuk dua program tersebut masih murah. Namun, akhirnya semenjak program Smart berganti menjadi Smartfren, saya berlangganan Prepaid True Unlimited dengan kecepatan download/upload 384 Kbps/128 Kbps. Saya sebelumnya sudah mencoba dua program Prepaid Volume Based dengan paket data 6 GB dan 12 GB.

Review Program Double Speed:


Sebelum mulai registrasi, saya mencoba menguji kecepatan download/upload program Prepaid True Unlimited yang saya pakai selama ini dengan menggunakan situs Bandwidthplace.com. Dan hasilnya seperti gambar di bawah ini:


Saya mencoba mendownload video di Youtube berdurasi 2 jam dengan ukuran 344 MB dengan menggunakan program Orbit Downloader:




Kemudian, saya registrasi ke program Double Speed SmartFren:



Saya test lagi kecepatannya dengan Bandwidthplace.com:



Juga melanjutkan lagi proses mendownload dengan program Orbit Downloader:




Sayangnya, saat saya sudah mendownload video tersebut hingga mencapai 180 MB, FUP saya sudah habis. Dan itu hanya memakan waktu sekitar 50 menit dari sejak program itu diaktifkan. Dan kecepatan diturunkan secara otomatis ke kecepatan semula.


Kesimpulan:


Memang kecepatan saya ditambah setelah saya registrasi program Double Speed. Sayang penambahannya hanya sebesar 500 Kbps. Tapi untungnya, kecepatan tersebut sudah cukup cepat untuk mendownload video. Salah satu hal lain yang saya keluhkan adalah FUP yang hanya 200 MB.

Secara logika, kalau Anda hanya ingin membuka website seperti Facebook atau menonton video klip di Youtube yang berdurasi 4 menit, paket Prepaid True Unlimited dengan kecepatan 384 Kbps sudah cukup untuk Anda.

Jadi orang-orang yang ingin menggunakan program Double Speed atau Premium Booster pastilah mereka yang butuh koneksi Internet untuk mengakses atau mendownload file/website yang membutuhkan kecepatan lebih. Dan FUP 200 MB menurut saya kurang. Sayangnya, SmartFren sekarang agak perhitungan dengan besaran layanan data yang mereka berikan. Istilah koneksi Internet ‘unlimited’ menurut saya sebenarnya tidak ada di Indonesia saat ini.

Semoga saja suatu saat, mungkin beberapa tahun ke depan, koneksi Internet semakin cepat dan semakin murah. Dan kita bisa merasakan apa arti dari koneksi Internet ‘unlimited’ yang sebenarnya.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger