02 January 2013

Apa Browser Tercepat di 2013?

Seperti yang sudah kita ketahui, persaingan yang terjadi di antara para pembuat browser semakin memanas seiring berjalannya waktu. Masing-masing pembuat browser seakan tidak mau kalah untuk mengeluarkan versi terbaru yang mereka klaim semakin browser terbaik yang tercepat.

Sebelumnya saya pernah mengadakan uji coba pribadi untuk mengukur kecepatan browser di tahun 2012. Dalam uji coba tersebut, saya menguji Firefox 12, Google Chrome 18, Opera 11 dan Internet Explorer 6 dengan menggunakan layanan Peacekeeper. Hasil tes tersebut bisa kalian baca di sini.

Nah, di awal 2013 ini saya iseng-iseng melakukan tes yang sama. Kali ini saya menguji Firefox 17.0, Opera 12.12, Internet Explorer 9.0 dan Google Chrome 23.0.1271.64 dengan menggunakan Peacekeeper. Kecepatan download Internet yang saya gunakan waktu itu mencapai sekitar 40 kb/s. Saya menggunakan netbook dengan memori RAM 2GB, prosesor Intel Atom N2600.

Jadi, siapa jawaranya? Ternyata jawaranya kali ini adalah Google Chrome. Posisi kedua ditempati oleh Opera, sementara posisi ketiga dan terakhir ditempati secara berturut-turut oleh Internet Explorer 9 dan Firefox 17.0.


Sejujurnya saya sedikit terkejut juga mengetahui bahwa browser favorit saya, Firefox justru berada di posisi terakhir. Tapi apa mau dikata, memang demikianlah hasil tes yang saya lakukan kemarin. Dalam salah satu tes di mana video berbasis HTML5 dimainkan, ternyata hanya Opera 12.12 dan Internet Explorer 9.0 yang mendukung dan bisa memainkannya, sementara browser lain tidak mendukung fitur ini.

Dalam artikel uji coba yang saya lakukan pada 2012 lalu, beberapa pengunjung bertanya soal posisi beberapa browser minor seperti K-Meleon dalam hal kecepatan dibanding dengan browser-browser ternama di atas.

Karena saya akan berusaha melakukan tes uji coba untuk browser tertentu seperti K-Meleon, TrendOne, Comodo Dragon browser, dan lain-lain.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger