24 February 2012

Avast Free Antivirus 7 dengan Cloud update, reputasi file dan remote assistance

Avast Free Antivirus 7 rencananya akan dirilis Kamis (Jumat di Indonesia) dan akan memiliki beberapa fitur baru termasuk update berdasarkan cloud, remote assistance dan reputasi file.

Avast Free Antivirus adalah salah satu produk antivirus populer bagi para pengguna. Menurut statistik yang disediakan oleh perusahaan pembuat, program ini memiliki 150 juta pengguna aktif.

Versi 7 memiliki sebuah fitur baru berupa remote assistance yang mengijinkan pengguna Avast untuk menolong orang lain yang juga menggunakan program anti virus yang sama untuk menyelesaikan masalah teknis atau masalah berkaitan dengan virus-virus komputer dengan cara mengambil alih kendali komputer secara sementara.

Sesi-sesi remote assistance dihubungkan melalui server-server Avast dalam rangka untuk memastikan keamanan para pengguna dan hanya bisa dimulai oleh para pengguna yang komputer-komputer mereka akan dikontrol.


Saat sebuah sesi dimulai, sebuah kode terdiri dari delapan digit akan muncul dan perlu diberitahukan pada pengguna fitur ini, kata kepala tehnologi Avast Software, Ondrej Vlcek.

Fitur remote assistance tidak memerlukan peraturan firewall khusus atau pengecualian-pengecualian untuk bekerja karena fitur ini bergantung pada koneksi ke server Avast.

Sebagai tambahan untuk menyediakan remote assistance pada para pengguna, Avast Antivirus 7 mengijinkan para penggunanya untuk memonitor beberapa program Avast yang diinstall di komputer-komputer lain dalam satu jaringan dengan menggunakan akun online Avast.

Hal ini dilakukan melalui sebuah portal Web di mana para pengguna bisa meliha komputer-komputer yang dilindungi oleh Avast yang ada dibawah pengawasan para pengguna, status perlindungan komputer-komputer tersebut, versi database virus mana yang komputer-komputer tersebut miliki, file malware mana yang barusan di blok dan informasi-informasi lain.

Hal ini serup dengan konsol manajemen pusat yang ditemukan di produk-produk bisnis, tapi untuk sekarang mode yang tersedia adalah read only. Hal ini berarti para pengguna tidak bisa memodifikasi setting-setting untuk instalasi Avast remote melalui tampilan Avast, tapi ada rencana-rencana untuk menambahkan fungsionalitas ini di masa depan.

Fitur baru lain yang ada di Avast Free Antivirus 7 adalah sistem reputasi file berbasis cloud yang disebut FileRep, yang akan memperingatkan para pengguna mengenai file yang didownload browser yang dianggap mencurigakan dan fitur ini terintegrasi dengan mekanisme Avast AutoSandbox.

Di Avast Antivirus 6, AutoSandbox meminta para pengguna jika mereka ingin menjalankan file-file mencurigakan di dalam sebuah lingkungan virtual alih-alih memberikan akses penuh ke sistem operasi kepada file-file mencurigakan tersebut.

Akan tetapi, di versi 7, fitur ini menjadi serupa dengan sebuah mesin scanning. File-file mencurigakan akan dibuka secara otomatis di dalam sandbox di mana mereka akan dianalisa untuk mengetahui akan adanya virus komputer atau tidak.

Avast Free Antivirus 7 juga memiliki akses ke informasi malware terbaru lebih cepat dari versi sebelumnya berkat sebuah komponen untuk mengupdate berbasis cloud.

Sampai sekarang, Avast Antivirus versi sebelumnya akan terhubung ke server perusahaan antivirus ini beberapa kali dalam sehari untuk mengecek akan adanya update-update definisi baru. Akan tetapi, mulai dari versi 7, sebuah koneksi akan terus dibuka secara permanent dengan server, yang akan mengupdate secara otomatis.

Fitur ini tidak sepenuhnya berbasis awan, di mana server awan akan dibutuhkan setiap kali sebuah file discan, tapi hal ini memungkinkan Avast Antivirus untuk menggunakan database terbaru mengenai virus-virus komputer untuk menscan komputer.

Plug-in WebRep juga telah diupdate untuk menggunakan informasi mengenai website phising dari cloud Avast. Sampai sekarang, plug-in tersebut berdasarkan rating-rating situs yang disediakan oleh para pengguna untuk menandai website-website beresiko.

WebRep tidak akan memblok akses para pengguna ke website-website phising, tapi plug-in akan mengingatkan mereka jika mereka berusaha untuk memasukkan informasi pribadi atau informasi mengenai kartu kredit ke situs-situs tersebut.

Dengan Windows 8 Beta (Consumer Preview) diperkirakan akan dirilis akhir bulan ini, para pengembang Avast telah memastikan bahwa Avast Antivirus 7 bisa digunakan di OS terbaru Microsoft tersebut. Program ini telah dites dan semua fiturnya seharusnya bisa bekerja dengan baik.

Script Shield sekarang sepenuhnya mendukung berbagai browser utam dan Avast Free Antivirus 7 juga menggunakan lebih sedikit memori dibandingkan dengan versi 6. Akan tetapi rekomendasi mengenai sistem minimal yang dibutuhkan tetap sama.

Avast Pro Antivirus 7 dan Avast Internet Security 7 juga akan dirilis pada hari Kamis (Jumat waktu Indonesia), tapi versi 7 dari Free Antivirus untuk Mac dan Avast Business Protection akan dirilis belakangan.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger