23 February 2012

Kenapa kita perlu menunggu laptop dengan Ivy Bridge chip?

Beberapa orang mungkin bertanya apakah mereka harus menunggu untuk membeli laptop dengan Ivy Bridge chipset. Jika Anda ingin sebuah sistem yang lebih cepat dengan daya tahan baterai yang lebih lama, maka jawabannya adalah ya.

Chip Intel yang akan dirilis bernama Ivy Bridge akan menjadi sebuah langkah besar dalam hal performaa grafik bagi Intel. Dan hasil-hasil test benchmark menyarankan bahwa jika Anda ingin, Anda bisa menunggu untuk sebuah laptop MacBook atau Windows dengan Ivy Bridge di dalamnya sebelum Anda memutuskan untuk mengupgrade sistem Anda.

Sebuah Website China telah memposting sejumlah hasil test benchmark (diposting oleh CPU World) yang menunjukkan sebuah lompatan kinerja dari GPU (graphic processing unit) sampai dengan 122 persen lebih cepat dari Sandy Bridge prosessor.

“Di 3D Mark Vantage sintetik benchmark Core i5-3570K (Ivy Bridge) mencapai 88,9 percent lebih tinggi dari skor GPU saat menggunakan Entry preset, dan 122,1 persent lebih baik dari hasil skor dengan Performance preset saat menggunakan Intel i5-2500K (Sandy Bridge)D,” kutip CPU World.

Dan sebuah GPU yang lebih cepat tidak hanya untuk memainkan game-game tapi juga untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan berbasis multimedia seperti transcoding dan manipulasi gambar.

Beberapa website yang membahas mengenai chip juga menitikberatkan mengenai perform Ivy Bridge baru-baru ini. “ Arsitektur yang ada di Ivy Bridge adalah hal-hal yang sama sekali baru. Antara perubahan-perubahan arsitektural, peningkatan kecepatan clock, dan perubahan-perubahan lain…Kami tidak berpikir kalau klaim-klaim ini berlebihan secara umum,” tulis Semiaccurate, sebuah website tentang chip.

Berikut adalah hasil benchmark game yang menunjukkan hasil-hasil performa saat membandingkan Ivy Bridge i5-3570K dengan HD 4000 hingga sebuah Sandy Bridge i5-25000K dengan HD 3000:

• Left 4 Dead 2: sampai 71.6 persen
• Street Fighter IV: sampai 43 persen
• Starcraft II: sampai 30.2 persen
• DiRT 3: sampai 51.8 persen
• Farcry 2: sampai 84.5 persen

Tentu saja, tidak artikel tentang kinerja grafik Intel yang akan lengkap tanpa menyebutkan bahwa sebuah sistem dengan sebuah kartu grafik yang terpisah dari Nvidia atau Advanced Micro Devices akan menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Akan tetapi, banyak laptop ultrabook yang super langsing diluncurkan di bulan-bulan mendatang (dan beberapa sudah diluncurkan) entahkan mereka tidak memiliki ruang untuk sebuah chip grafis terpisah atau para perancangnya memutuskan bahwa mereka tidak membutuhkannya. Dan faktanya bahwa produser PC mendapatkan kartu grafis secara gratis karena Intel GPU dibangun dalam chip Ivy Bridge, tepat disebelah CPU (central processing unit)

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger