08 June 2013

5 Tanda Akun Sosial Media Anda Telah Dihack

Ada banyak artikel di Internet yang membahas cara mencegah akun sosial media seperti Twitter, Facebook, dan Google Plus supaya tidak dihack orang. Namun pertanyaannya bagaimana kita tahu kalau akun media sosial kita telah dibobol orang?

Antivirus Avira, melalui blog resminya memberitahukan lima ciri sebuah akun sosial media telah dibobol oleh orang lain:

1. Anda menemukan tweet atau update status di akun padahal Anda tidak pernah menulisnya 

Bahkan jika hal ini terlihat sebagai tanda yang paling jelas, tapi hal ini tidak begitu mudah diketahui. Misalnya bila akun Anda dipakai oleh beberapa orang, maka bisa saja salah satu dari kalian yang memposting tweet atau update status itu. Atau, jika Anda memakai layanan pihak ketiga yang dihubungkan ke Twitter dan Facebook (layanan seperti Hootsuite atau Networkblogs) maka bisa jadi tweet atau update status itu berasal dari pihak ketiga tersebut.

Tapi, bila jelas-jelas Anda menemukan ada update status atau tweet yang tidak Anda tulis, maka segeralah ganti password Anda.

2. Anda menyadari bahwa seseorang telah log in ke akun Anda dari lokasi berbeda

Kebanyakan layanan media sosial sekarang ini menawarkan layanan notifikasi seperti ini. Sehingga bila ada aktivitas log in yang mencurigakan, Anda akan mendapat pemberitahuan. Tentu saja kadang-kadang lokasi kita terlihat berpindah-pindah tergantung dari alamat IP dari penyedia layanan jasa Internet yang kita pakai. Tapi bila Anda berada di Indonesia sementara seseorang di Cina mencoba login ke akun Twitter Anda maka hal ini patut dicurigai, terutama kalau Anda tidak pernah memakai proxy.

3. Sebuah aplikasi mulai memposting sesuatu tanpa persetujuan Anda 

Hal ini terjadi bila Anda mengklik like pada sebuah aplikasi atau Anda menjadi sebuah korban likejacking. Di Facebook, Anda bisa mengecek aplikasi-aplikasi apakah yang pernah Anda like atau install dan Anda bisa mematikan layanan-layanan itu.

Jika Anda tidak pernah merasa mengklik like aplikasi tertentu, dan aplikasi ini terus memposting tanpa persetujuan Anda segeralah hapus aplikasi itu dari Facebook.

4. Anda tidak bisa login lagi ke akun Anda 

Bila Anda mencoba login, tapi Anda tidak bisa padahal username dan password Anda sudah benar, maka kemungkinan seseorang telah membobol Facebook atau Twitter Anda dan mengubah passwordnya.

 Biasanya orang tersebut juga mengubah alamat email yang Anda daftarkan untuk meminta reset password. Satu-satunya cara yang mungkin bisa dilakukan adalah menghubungi pemilik platform (Facebook atau Twitter) untuk mendapatkan akun Anda kembali.

5. Anda tiba-tiba mem-follow banyak orang yang tidak Anda kenal 

Saat Anda login ke Facebook atau Twitter, tiba-tiba Anda menemukan Anda mengirim banyak friend request dan memfollow banyak akun Twitter yang tidak Anda kenal. Anda juga merasa tidak pernah melakukan hal ini. Maka ada beberapa kemungkinan yang terjadi, misalnya malware di Twitter membajak akun Anda dan membuat Anda mem-follow spambot.

Sementara di Facebook hal ini terjadi karena sebuah efek berantai dari link virus yang menyebar dari satu pengguna ke pengguna lain. Bila Anda menemukan hal ini terjadi, segeralah ganti password Anda.

Begitu pula bila Anda mendapati bahwa akun Anda mengirim banyak sekali pesan atau email padahal Anda tidak merasa pernah melakukannya, gantilah password Anda.

Hapuslah semua tulisan yang dibuat oleh virus-virus ini dan beritahu teman-teman atau follower Anda untuk tidak mengklik link yang diposting sebelumnya.

Jika Twitter atau Facebook Anda dibajak, dan email serta passwordnya diganti, cobalah mengkontak Facebook, Twitter atau pemilik akun sosial media lainnya:

Twitter: https://support.twitter.com/forms/hacked
Facebook: https://www.facebook.com/hacked
G+: https://www.google.com/accounts/recovery

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger