01 May 2012

Tes Kecepatan Browser: Apa browser tercepat di 2012?

Beberapa tahun lalu, Wedangan Kita sudah pernah menguji kecepatan browser untuk mengetahui browser tercepat. Tapi waktu itu, kami hanya menguji tiga browser yaitu Google Chrome, Mozilla Firefox dan Internet Explorer. Opera tidak masuk dalam tes tersebut karena entah kenapa alat benchmark-nya tidak bisa berjalan saat tes berlangsung.

Dalam tes kali ini, web browser yang diuji adalah Firefox 12, Google Chrome 18, Opera 11 dan Internet Explorer 6. Ketiga browser awal sudah merupakan versi yang terbaru saat tes berlangsung (minggu akhir April) dan hanya Internet Explorer yang masih versi lama dikarenakan untuk mencoba Internet Explorer versi 9 ke atas memerlukan komputer dengan hardware terbaru.

Alat untuk mengetes/menguji kecepatan browser kali ini merupakan layanan browser benchmark, Peacekeeper. Tes menggunakan Peacekeeper berlangsung cukup menarik dan cepat, masing-masing berlangsung sekitar 5 menit untuk setiap browser. Setiap tahap tes disertai penjelasan (walaupun kami secara jujur tidak begitu paham artinya).

Koneksi Internet yang kami gunakan adalah paket True Unlimited Bulanan dari Smart dengan kecepatan download 384 Kbps dan kecepatan upload 128 Kbps. Sementara spesifikasi hardware komputer kami: memori RAM: 512 MB; Windows XP, Intel Celeron.

Hasil Tes:



Dari hasil tes, pemenangnya adalah Opera 11.20. Dapat dilihat bahwa selama tes, Opera memiliki keunggulan karena memiliki dukungan terhadap teknologi HTML5 yang lebih baik. Software browser ini merupakan software browser paling ringan di antara yang lain.

Posisi kedua diduduki oleh Google Chrome 18. Sayangnya, kami melihat bahwa Google Chrome tidak mampu menampilkan video-video dengan codec yang digunakan oleh HTML5. Browser ini teringan kedua setelah Opera 11.20.

Yang cukup mengejutkan adalah Firefox 12 ternyata dikalahkan oleh Opera 11.20. Semenjak memasuki versi 5 ke atas, Firefox berubah menjadi browser terberat yang memerlukan memori yang besar. Menurut kami, ini patut disayangkan karena kecepatan yang ditawarkan oleh Firefox diperoleh dengan mengorbankan memori komputer.

Posisi terakhir ditempati oleh Internet Explorer 6 dengan dukungan paling sedikit terhadap HTML5. Hal ini lumrah, karena sebenarnya versi ini merupakan versi lawas dan seharusnya sudah diganti.

Kesimpulan tes:


Pertanyaannya sekarang adalah apakah Opera 11.20 merupakan browser tercepat? Kenyataannya dalam penggunaan sehari-hari Opera bukanlah browser tercepat. Memang browser ini merupakan browser teringan, tapi Opera termasuk lambat dalam memuat situs-situs. Dan, Opera 11.20 tidak mendukung Blogger terbaru. Jadi, setiap kali saya mencoba mengupload gambar di blogspot, selalu gagal.

Sementara, di komputer yang kami gunakan, Google Chrome juga tidak stabil. Sudah berulang kali, kami mengalami kejadian di mana kami harus menunggu lebih lama sebelum Chrome mulai memuat sebuah halaman web. Browser buatan Google ini juga sering mengalami macet saat membuka segala aplikasi web yang menggunakan Flash player.

Firefox 12 merupakan yang paling stabil dalam hal kecepatan. Hampir semua elemen-elemen dari suatu web bisa dimuat secara lengkap dan cepat. Sayangnya, browser ini terlalu berat dan memerlukan memori yang besar.

Bingung? Maksud kami adalah pada akhirnya browser terbaik adalah browser yang selama ini teman-teman sukai. Sekalipun banyak tes mengatakan Opera atau Chrome merupakan browser tercepat, tapi kalau kalian tidak menyukai kedua browser itu, maka hasil tes tersebut tidak berarti apa-apa.

5 comments:

  1. kalo pake mozila,, coba yang versi 3.6.xx jangan hiraukan kalau ada rekomendasi untuk upgrade.anti virus pakai avast. sip dah..

    ReplyDelete
  2. @anonim
    Tapi firefox 3.6 dari segi kecepatan dan keamanan tetap jauh dibanding dengan versi terbaru.

    @unikgaul
    OK..gan. Saya akan coba. Thank untuk rekomendasinya.

    ReplyDelete
  3. ane pengguna setia opera gan :) , sekarang udah mulai cepet kok .

    ReplyDelete
  4. ternyata browser opera sangat cepat ya, bisa jadi saya akan menggunakannya
    trims infonya

    ReplyDelete

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger