24 April 2012

Panduan Excel 2007: Bagian 1 Memasukkan teks dan angka

Microsoft Excel adalah sebuah spreadsheet elektronik. Seperti sebuah spreadsheet kertas, kita bisa menggunakan Excel untuk mengatur data kita dalam kolom dan baris dan melakukan penghitungan matematika. Panduan berseri ini akan menunjukkan bagaimana menciptakan sebuah spreadsheet di Excel.

Window di Microsoft Excel


Panduan ini akan mengajar kita mengenal-mengenal dasar-dasar Microsoft Excell 2007. Panduan ini diciptakan untuk pemula supaya mereka bisa mengetahui bagaimana caranya untuk menavigasi di Microsoft Excel 2007.

Untuk memulai pelajaran kali ini, buka Microsoft Excell 2007. Jendela Microsoft Excell akan muncul dan layar Anda akan terlihat seperti ini:



Catatan: 

Layar Anda mungkin tidak terlihat sama persis yang ditunjukkan di layar. Di Excel 2007, bagaimana sebuah jendela ditampilkan tergantung ukuran dari jendela tersebut, ukuran monitor, dan resolusi dari monitor Anda. Resolusi menentukan berapa banyak informasi di komputer ditampilkan. Jika Anda menggunakan resolusi rendah, sedikit informasi ditampilkan di layar Anda, tapi ukuran teks dan gambar jadi lebih besar. Jika Anda menggunakan resolusi tinggi, semakin banyak informasi ditampilkan di komputer, tapi ukuran teks dan gambar lebih kecil. Juga setting di Excel 2007, Windows 7 dan Windows XP menyediakan pilihan untuk mengubah warna dan gaya jendela Anda.

Tombol Microsoft Office



Di pojok kiri atas di Excel 2007, terdapat tombol Microsoft Office. Saat Anda mengkli tombol itu, sebuah menu muncul. Anda bisa menggunakan menu tersebut untuk membuat file baru, membuka file yang dibuat sebelumnya, menyimpan sebuah file, dan melakukan banyak tugas lain.

Toolbar Quick Access



Di samping tombol Microsoft Office adalah toolbar Quick Access. Toolbar Quick Access memberikan Anda akses ke perintah-perintah yang sering Anda gunakan. Secara default, Save, Undo dan Redo muncul di toolbar Quick Access. Anda bisa menggunakan Save untuk menyimpan file, Undo untuk membatalkan tindakan yang Anda ambil, dan Redo untuk menerapkan kembali tindakan yang Anda ambil yang sebelumnya dibatalkan dengan Undo.

Toolbar judul



Di samping toolbar Quick Access adalah bar Judul/Title. Di bar Judul, Microsoft Excel menampilkan nama file yang sedang Anda kerjakan/gunakan. Di atas jendela Windows, Anda seharusnya melihat "Microsoft Excel-Book 1" atau nama lain yang serupa.

Ribbon



Anda menggunakan perintah-perintah yang mengatakan pada Microsoft Excel apa yang harus dikerjakannya. Di Microsoft Excel 2007, Anda menggunakan Ribbon untuk mengeluarkan perintah-perintah. Ribbon terletak dekat bagian atas jendela Excel, di bawah toolbar Quick Access. Di sisi atas Ribbon terdapat beberapa tab; mengklik sebuah tab menunjukkan beberapa group perintah. Di dalam setiap grup terdapat perintah-perintah lain yang berhubungan. Anda mengklik tombol-tombol untuk mengeluarkan perintah-perintah atau untuk mengakses menu-menu atau kotak-kotak dialog. Anda mungkin juga menemukan sebuah launcher kotak dialog di suduh kanan bawah dari sebuah grup.Saat Anda mengklik launcher tersebut, sebuah kotak dialog membuat tambahan perintah tersedia.

Worksheet



Microsoft Excel terdiri dari berbagai worksheet. Setiap worksheet mengandung kolom dan baris. Kolom-kolom memiliki huruf dari A ke Z dan lalu berlanjut ke AA, AB, AC dan seterusnya, baris dinomori dari angka 1 hingga 1.048.576. Jumlah kolom dan baris yang bisa Anda miliki di sebuah worksheet dibatasi oleh memori komputer Anda dan oleh resources di sistem Anda.

Kombinasi dari kordinat sebuah kolom dan kordinat sebuah baris membuat alamat sebuah sel. Sebagai contoh, sel yang terletak di pojok kiri atas dari worksheet adalah sel A1, berarti kolom A, baris 1. Sel E10 terletak di bawah kolom E di baris 10. Anda memasukkan data Anda ke dalam sel-sel di worksheet.

Bar Formula



Jika bar Formula dihidupkan, alamat sel ditunjukkan di sebelah kiri sementara rumus dimasukkan di sebelah kanan. Jika Anda tidak bisa melihat bar Formula di jendela Anda, lakukan dua hal ini:

1. Pilih tab 'View'
2. Klik Formula Bar di Show/Hide group. Bar Formula akan muncul.

Bar Status



Bar Status muncul di bagian bawah dari jendela Excel dan menyediakan informasi-informasi seperti penjumlahan, rata-rata, pengurangan dan jumlah maksimal dari angka-angka yang dipilih. Anda bisa mengubah apa yang ditampilkan di bar Status dengan mengklik kanan di bar Status dan memilih pilihan-pilihan yang Anda inginkan dari menu Customize Status Bar. Anda mengklik sebuah item menu untuk memilihnya. Anda mengklik lagi untuk membatalkan pilihan itu. Sebuah tanda centang di sebuah item berarti item tersebut dipilih.

Berpindah dari tempat ke tempat lain


Dengan menggunakan tombol panah di keyboard, Anda bisa berpindah/bergerak di seputar worksheet Anda. Anda bisa menggunakan tombol panah ke bawah di keyboard Anda untuk berpindah ke sel bawah. Anda bisa menggunakan panah atas untuk berpindah ke sel atas. Juga panah kanan dan kiri untuk bergerak ke kiri dan kanan. Tombol Page Up dan Page Down di keyboard membuat Anda berpindah satu halaman ke atas dan ke bawah. Jika Anda menekan tombol Ctrl dan kemudian menekan tombol Home, Anda akan berpindah ke awal dari worksheet Anda.

LATIHAN 1


Berpindah di sekitar worksheet

Tombol Panah Bawah

* Tekan tombol Panah bawah di keyboard Anda beberapa kali. Perhatikan bahwa kursor berpindah ke sel bawah satu langkah.

Tombol Panah Atas

* Tekan tombol Panah Atas beberapa kali. Perhatikan bahwa kursor berpindah ke sel atas satu langkah.

Tombol tab

1. Pindah ke sel A1
2. Tekan tombol tab beberapa kali. Perhatikan bahwa kursor tersebut berpindah ke sel kanan satu langkah setiap kali tombol tab di tekan.

Tombol Shift+Tab

* Tekan dan tahan tombol Shift dan lalu tekan Tab. Perhatikan bahwa kursor berpindah ke sel kiri satu langkah.

Tombol Panah Atas dan Panah Bawah

1. Tekan tombol Panah Bawah. Perhatikan kursor berpindah ke bawah.
2. Tekan Panah Atas. Perhatikan bahwa kursor berpindah ke atas satu langkah.

Tombol Ctrl-Home 

1. Pindah kursor ke kolom J.
2. Tetap di kolom J dan pindahkan kursor ke baris 20.
3. Tekan dan tahan tombol Ctrl sementara Anda menekan tombol Home. Excel berpindah ke sel A1.

Pergi ke sel tertentu dengan cepat.



Ikuti shortcut-shortcut berikut untuk berpindah ke sel satu ke sel lain dengan cepat.

LATIHAN  2


Go to -- F5

Fungsi F5 adalah untuk 'Go To' atau pergi ke suatu halaman dengan cepat. Jika Anda menekan tombol F5, Anda akan disajikan pilihn untuk pergi ke sel yang Anda kehendaki. Isi alamat sel yang Anda kehendaki setelah Anda menekan F5 dan lalu kursor akan berpindah ke sel itu.

1. Tekan F5. Kotak dialog Go To muncul
2. Ketik J3 di kotak tersebut.
3. Tekan Enter. Kursor akan berpindah ke sel J3.


Go to -- Ctrl+G

Anda juga bisa menggunakan menu Ctrl+ G untuk pergi ke sel khusus.

1. Tekan dan tahan tombol Ctrl sementara Anda menekan tombol G di keyboard. Kotak dialog Go To akan muncul.
2. Ketik C4 di kotak.
3. Tekan Enter. Kursor akan berpindah ke sel C4.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger