10 April 2012

Komputer: Definisi dan Perangkat Keras

Komputer sekarang semakin canggih dan semakin murah. Dan berubah dari sebuah alat yang hanya dimiliki oleh kalangan tertentu menjadi sebuah alat yang dibutuhkan dan dimiliki oleh banyak orang. Teknologi komputer dan Internet telah merubah bagaimana berbagai macam hal dalam hidup kita dilakukan. Mulai dari cara kita belajar dan memperoleh pengetahuan hingga berbisnis. Namun hanya sedikit orang yang benar-benar mengetahui definisi/ pengertian komputer, fungsi komputer dan juga perangkat-perangkat yang menyusunnya baik itu perangkat keras maupun perangkat lunak. Dalam artikel ini, saya akan berusaha menjelaskan secara sederhana mengenai itu semua, sehingga kita bisa memahami konsep-konsep itu secara mudah.

Pengertian/definisi Komputer

Sebuah komputer adalah sebuah mesin yang bisa diprogram dan dirancang untuk secara otomatis menjalankan serangkaian operasi-operasi logis atau matematis. Rangkaian khusus dari operasi-operasi ini bisa diubah dengan segera, membuat komputer mampu untuk memecahkan lebih dari satu masalah. Salah satu bagian terpenting dalam tugas-tugas komputasi sebuah komputer adalah menerima perintah dari operator manusia dan hasilnya adalah sesuatu yang bisa manusia nikmati. Tampilan antara komputer dan operator manusia disebut user interface (antarmuka pengguna).

Salah kaprah/ Miskonsepsi

Saat orang menyebut kata 'komputer' yang muncul di benak banyak orang adalah 'komputer' yang sekarang ini kita kenal dengan berbagai perangkat keras dan lunak yang dimilikinya. Padahal sebuah komputer tidak harus berupa alat eletronik, dan tidak harus memiliki prosessor, RAM atau bahkan hard disk. Sementara penggunaan populer dari kata komputer sebenarnya mengacu pada komputer pribadi (personal komputer). Definisi komputer secara harfiah berarti sebuah peralatan yang melakukan komputasi, khususnya sebuah mesin elektronik yang bisa diprogram yang melakukan operasi-operasi matematis atau logis dengan kecepatan tinggi atau yang merangkai, menyimpan, menghubungkan dan memproses informasi.

Perangkat keras komputer

Perangkat keras komputer adalah komponen peralatan-peralatan yang membangun sebuah komputer pribadi (personal computer). Umumnya peralatan-peralatan ini terpasang di sebuah casing komputer atau tersambung ke casing komputer oleh kabel atau sebuah port. Perangkat keras komputer juga disebut peripheral. Berikut jenis-jenis perangkat keras komputer:

1. Chasing komputer 

 

Sebuah casing komputer (atau dikenal juga sebagai chassis, kabinet, kotak, tower, housing, unit sistem atau hanya casing) adalah sebuah kotak yang berisi sebagian besar komponen-komponen dari sebuah komputer (biasanya tidak termasuk monitor, keyboard dan mouse). Sebuah casing komputer biasanya secara salah disebut sebagai CPU. CPU adalah sebuah istilah umum saat pertama kali komputer pribadi mulai diproduksi massal. Dulu kebanyakan perangkat keras komputer di pasang di casing yang berbeda dengan motherboard.

2. Power supply 

 

Sebuah power supply unit (PSU) mengubah tenaga listrik alternating current (AC) menjadi tenaga DC rendah tegangan untuk komponen-komponen komputer. Beberapa power supply memiliki sebuah tombol untuk mengubah tegangan listrik antara 230 V dan 115 V. Model-model lain memiliki sensor otomatis yang memindahkan voltase listrik secara otomatis atau mampu menerima voltase manapun antara batasan-batasan itu. Unit power supply yang digunakan di komputer biasanya selalu berupa switch mode power supplies (SMPS). SMPS menyediakan aliran tenaga listrik langsung dalam beberapa voltase yang dibutuhkan oleh motherboard dan beberapa perangkat keras komputer lainnya seperti hard disk dan colling fan (kipas pendingin).

3. Motherboard 

 

Motherboard adalah bagian utama di dalam casing komputer. Perangkat keras ini berupa kotak persegi panjang besar dengan sirkuit terintegrasi yang menghubungkan bagian-bagian komputer termasuk CPU, RAM, disk drive (CD, DVD, hard disk dll) juga perangkat lain yang terhubung lewat port dan expansion slot. Komponen-komponen yang terpasang secara langsung ke motherboard adalah:

1. CPU (Processor)

 

CPU (Central Processing Unit) mengerjakan sebagian besar perhitungan yang memampukan sebuah komputer untuk berfungsi dan kadang-kadang perangkat ini disebut sebagai otak sebuah komputer. Perangkat ini didinginkan dengan sebuah kipas dan pendingin. Kebanyakan CPU baru memiliki Graphics Processing Unit (GPU).

2. Chipset 

Termasuk north bridge, menjadi perantara antara CPU dan bagian-bagian lain di dalam sistem termasuk memori utama.

3. RAM


RAM (Random-Access Memory) menyimpan kode dan data yang secara aktif sedang diakses oleh CPU. Atau dengan kata lain, memori RAM adalah tempat penyimpanan sementara dari file dan software yang sedang kita buka/akses.

4. ROM (Read-Only memory)

ROM menyimpan BIOS yang berjalan saat komputer dihidupkan atau dengan kata lain mulai 'dieksekusi'. Proses komputer ini dinamakan bootstrapping atau booting atau booting up. BIOS (Basic Input Output System) meliputi boot firmware dan firmware untuk managemen tenaga. Motherboard baru menggunakan Unified Extensible Firmware Interface (UEFI) daripada BIOS.

5. Bus

Bus menghubungkan CPU ke berbagai komponen internal dan kartu-kartu ekspansi untuk grafis dan suara. Bus terdiri dari port, USB, kartu memori, FireWire, eSATA, SCSI.

4. Media penyimpanan sekunder

Penyimpanan data komputer, sering disebut penyimpanan atau memori, mengacu pada komponen-komponen komputer dan media recording yang menyimpan data digital. Penyimpanan data adalah sebuah fungsi inti dan mendasar dari komputer.

1.Peralatan Media Tetap (Fixed Media Decives)

a. Hard disk:


Sebuah hard disk drive (HDD; juga dikenal dengan hard drive, hard disk atau disk drive) adalah sebuah peralatan untuk menyimpan dan mengambil informasi digital,utamanya data komputer. Peralatan ini terdiri dari satu atau lebih disk keras yang berputar (sering disebut piringan-piringan) dilapisi material magnetik dan dengan kepala-kepala magnet yang diatur untuk menulis data pada permukaan-permukaan piringan terebut dan untuk membaca data-data yang ditulis di permukaan itu.

 b. Solid-state drive:
 


 Sebuah solid-state drive (SSD), kadang-kadang disebut solid-state disk atau electronic disk, adalah sebuah alat penyimpanan data yang menggunakan solid-state memori untuk menyimpan data tanpa tujuan untuk menyediakan akses dengan cara yang sama yang disediakan oleh sebuah blok tradisional I/O di hard disk drive. SSD berbeda dari disk magnet tradisional seperti hard disk drive (HDD) atau floppy disk, yang merupakan peralatan elektromagnetik mengandung disk berputar dan kepala yang bisa dipindahkan untuk membaca dan menulis data.

 c. Raid array controller

Sebuah peralatan untuk mengatur beberapa hard disk internal dan eksternal dan beberapa peripheral jika kita menginginkan dalam rangka untuk mencapai peningkatan performa atau kehandalan dalam melakukan apa yang disebut sebagai sebuah RAID array.

2. Peralatan media portable/removable

a. Optical Disc Drive

Untuk membaca dan menulis dari berbagai macam media optik termasuk compact disc seperti CD-ROM, DVD, DVD-RAM dan disk Blu-ray. Optical disc adalah cara yang paling umum untuk memindahkan data video digital dan juga menjadi alat penyimpanan data yang paling populer.

 b. Floppy disk drive:

Untuk membaca dan menulis dalam floppy disk, sebuah media penyimpanan yang dianggap ketinggalan jaman terdiri dari sebuah disk tipis dari sebuah media penyimpanan magnetis yang fleksibel. Floppy disk drive dulunya merupakan peralatan standar di semua komputer tapi sekarang tidak lagi digunakan untuk umum. Floppy disk drive sekarang umumnya digunakan hanya untuk memuat driver-driver peralatan tapi tidak termasuk dengan sebuah sistem operasi komputer (sebagai contoh, driver RAID).

c. Zip drive

Sebuah sistem penyimpanan berupa disk yang bisa dipindah dengan kapasitas yang sudah ketinggalan jaman, untuk membaca dari dan menulis di disk Zip, kali pertama diperkenalkan oleh Iomeg di tahun 1994.

d. USB flash drive

Alat ini ditancapkan di sebuah port USB dan tidak memerlukan sebuah drive terpisah. USB flash drive atau USB flash disk umumnya sebuah alat penyimpanan data yang berwujud flash memory yang umumnya kecil, ringan, bisa dipindah, bisa ditulis ulang dan terintegrasi dengan sebuah antar muka USB. Alat ini memiliki kapasitas yang beragam, dari ratusan MB (seukuran dengan kapasitas sebuah CD) hingga puluhan GB (melebihi disk Blu-ray tapi juga harganya lebih mahal).

e. Memory card reader


Untuk membaca dari dan untuk menulis di kartu memori, sebuah alat penyimpanan data dalam bentuk flash memory digunakan untuk menyimpan informasi digital. Kartu memori umumnya digunakan di alat-alat mobile (handphone, smartphone, kamera digital, dll). Alat ini lebih tipis, lebih kecil dan lebih ringan dari USB flash disk. Tipe-tipe umum dari kartu memori adalah SD dan MS.

 f. Tape drive

Membaca dan menulis data pada sebuah tape magnetis dan digunakan untuk penyimpanan data dalam jangka panjang dan untuk back up.

5. Alat input dan output

Alat-alat input dan output umumnya berupa alat-alat eksternal. Alat-alat berikut merupakan alat-alat standar atau sangat umum dijumpai pada banyak sistem komputer yang ada saat ini:

1. Alat input

a. Alat input teks

Keyboard adalah sebuah alat untuk memasukkan teks dan karakter-karakter dengan cara menekan tombol-tombol yang ada.

b. Alat penunjuk

 -Mouse adalah sebuah alat penunjuk yang mendeteksi gerakan dua dimensi pada permukaan alat ini.
 -Trackball adalah sebuah alat terdiri dari bola yang menonjol di dalam sebuah soket yang mendeteksi gerakan rotasi.
 -Touchscreen adalah sebuah alat yang mendeteksi sentuhan pengguna yang menekan monitor secara langsung.

c. Alat game

Alat-alat game paling umum adalah joystick, game pad dan game controller.

d. Alat input gambar dan video

Yang termasuk dalam kategori ini adalah image scanner dan webcam.

e. Alat input audio


Yang termasuk dalam kategori ini adalah microphone.

2. Alat output

Yang termasuk dalam kategori ini adalah layar monitor, speaker dan printer.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger