13 September 2010

Ulasan Modem AHA Olive EV-DO

Pada lebaran 2010, salah seorang teman saya berkunjung ke rumah. Di tengah perbincangan soal bisnis dan kuliah, kami membicarakan mengenai koneksi Internet. Maklum, kami berdua termasuk penyuka teknologi komputer, software dan Internet. Dulu saya pernah menawarkan untuk membeli modem Flexi Unlimited, dan dia merespon dengan banyak bertanya.
Fitus-fitur modem AHA Olive. Klik gambar untuk
memperbesar




Ternyata sekarang dia sudah memakai modem AHA Olive EVDO yang dimiliki oleh Esia. Kebetulan dia membawa laptop dan modem tersebut. Dengan antusias, saya meminta dia mendemonstrasikan mengenai pemakaian dan kecepatan modem tersebut. Sayang karena kunjungan teman tersebut singkat, saya belum sempat mencoba sendiri kualitas modem AHA ini.
Kami berdua hanya sempat mengetes kecepatan modem tersebut dengan menggunakan Speedtest.net.
Kecepatan Download dan Upload
Hasil test ping. Berarti Modem AHA sangat mendukung untuk
melihat situs video streaming seperti Youtube dan juga bermain game online



Teman saya kuliah di Salatiga. Sebelum membeli AHA ini, dia sudah sempat bertanya dan mencari tahu mengenai modem-modem dari operator seluler lain. Dia membeli modem tersebut seharga Rp. 499.000,00 dengan bonus gratis Internetan selama 3 bulan. Ternyata jaringan EV-DO Esia sudah mencakup wilayah Solo dan Salatiga. Saat kami melakukan test, sinyal modem tersebut dalam kondisi penuh.
Menurut pengakuannya, dengan koneksi jaringan yang stabil dia mampu mendownload dengan kecepatan bervariasi antara 30 Kbps hingga 9 Mbps (sayangnya saya tidak sempat memakai modem tersebut mendownload ) dengan menggunakan bantuan sottware IDM. Wah, itu sekitar 10 x kecepatan modem Flexi. Saya mencoba membuka beberapa situs. Dengan Google Chrome yang disetakan dalam modem tersebut, browsing memang terasa lebih cepat. Pastilah, saya yang terbiasa menggunakan Google Chrome dengan koneksi CDMA 1x saja sudah merasa cepat, apalagi dengan kecepatan EV-DO sebesar 3,1 Mbps.
Kalau teman-teman tertarik dengan modem AHA ini dan ingin tahu soal jenis-jenis paket layanan dan harganya, coba buka situs resmi AHA.

2 comments:

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger