02 February 2012

Windows XP tetap OS terpopuler

Sistem operasi yang telah berusia sepuluh tahun ini telah perlahan-lahan kehilangan penggunanya yang beralih ke Windows 7, tapi bulan Januari kemarin menandai sebuah kebangkitan kecil pada dominasi Windows XP di pasar, menurut sebuah perhitungan yang dilakukan oleh NetApplications pada 1 Februari kemarin.

Selama sebulan, Windows XP meraih 47, 19 persen dari semua pengguna OS, naik sedikit dari sekitar 46,5 persen di bulan Desember. Di saat yang bersamaan, pasar Windows 7 turun dari 37 persen ke 36.4 persen.
Jelas, penambahan yang dialami oleh XP terlalu kecil untuk dibanggakan, khususnya sejak keseluruhan pangsa pasarnya telah turun hampir 58 persen setahun lalu. Tapi, tetap ini menunjukkan kalau OS tua ini tetap popular.

Microsoft telah mendorong baik para pengguna maupun para perusahaan untuk berpindah dari Windows XP ke Windows 7.

Sebagai bagian dari dorongan itu, perusahaan komputer raksasa ini terus menerus mengingatkan bahwa dukungan terhadap Windows XP akan dihentikan pada April 2014 mendatang, saat dimana security patches dan update lain tidak lagi tersedia. Walaupun tenggang waktunya masih cukup lama untuk para pengguna Windows XP mengupgrade sistemnya, perusahaan-perusahaan harus melewati prosedur panjang untuk bermigrasi, membuat mereka harus segera bersiap-siap untuk berpindah ke Windows 7 sebelum terlambat.
Microsoft bahkan telah menasehati perusahaan-perusahaan yang sekarang menggunakan Windows XP untuk tidak menunggu Windows 8 dan segera berpindah ke Windows 7 sekarang.

Selain turunnya pangsa pasar Windows 7 bulan lalu, banyak orang mungkin akan mengikuti pesan Microsoft.
Hal tersebut terlihat dari jumlah pengguna Windows 7 yang meningkat dari 23 persen ke 36 persen tahun lalu.
Tentu saja, hal ini wajar karena orang-orang yang membeli komputer baru mau tidak mau menggunakan Windows 7. Tapi jumlah ini tetap kurang menurut target Microsoft.

Windows 8, yang telah tersedia sebagai Developer Preview sejak September lalu, melihat bahwa pangsa pasarnya sebenarnya turun sebanyak 0,2 persen dari 0,5 persen bulan lalu. Semakin sedikit orang mungkin mencoba Developer Preview dari sistem operasi terbaru dari Microsoft ini.

Di antara semua sistem operasi secara umum, Windows tetap di tempat pertama dengan keseluruhan pangsa pasar mencapai 92 persen. Mac OS X dari Apple hanya meraih 6, 39 persen dari seluruh pengguna bulan lalu, sebuah peningkatan kecil sejak bulan Desember.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger