16 July 2010

Ulasan HP Modem Smart ZTE C261

Pada akhirya saya punya kesempatan untuk mencoba koneksi Internet dengan menggunakan paket HP modem ZTE C261 dari Smart. Sebenarnya, HP modem tersebut kepunyaan salah seorang teman saya. Dan saya hanya punya kesempatan untuk mencobanya satu kali, untuk menguji kecepatan koneksi Internet tersebut dengan menggunakan Speedtest.net.



Pada awalnya, teman saya tersebut memakai modem bundling dari Flexi. Namun pada akhirnya, dia harus merelakan modem tersebut dipakai oleh kakaknya. Singkat cerita, dia membeli HP ZTE C261 tersebut dari sebuah konter dengan harga Rp.410.000 ( perkiraan harga di gerai resmi Smart 399.000 + 39.900 = Rp. 438.900. Rp.39.900 merupakan PPN) untuk sang kakak.
Dan karena satu dan lain hal, akhirnya terpaksa dia menukar modem Flexinya dengan HP Modem tersebut. Dari sejak awal, dia selalu menganggap bahwa Smart-lah yang menyediakan layanan Internet termurah untuk saat ini. Namun, dia lebih memilih memakai modem Flexi daripada HP Modem Smart karena sinyal Smart tidak tersedia di kosnya. Sementara sinyal untuk modem Flexi di kosnya penuh.
Nah, pada akhirnya, dia terpaksa membeli kabel USB sepanjang 5 m untuk kemudian disambung dengan kabel USB dari HP Smart tersebut. Jadi, setiap kali dia ingin menggunakan layanan Internet, HP tersebut akan ditaruh di lantai 2 dari kostnya ( kamar kostnya di lantai pertama) dan disambung dengan kabel USB.Semua terpaksa dilakukan demi mendapatkan sinyal penuh.
Itupun menurut pengakuannya, koneksi Internetnya masih rewel. Kadang-kadang sekalipun sinyal HP-penuh, tapi sinyal yang tertera di software modemnya tidak sama penuhnya. Menurut teman saya, indikasi sinyal jaringan Internet yang baik bila garis merah tersebut dalam kondisi yang tidak renggang. Coba lihat gambar di bawah :


Nah, saya pun mencoba menguji kecepatan Internet dari Smart tersebut dengan menggunakan Speedtest.net. Secara teori, jenis layanan untuk HP Modem ini adalah 153 Kbps. Berikut hasil test kecepatan download dan upload dengan menggunakan Speedtest.net:


Yah, mau bagaimana lagi? Namanya juga koneksi Internet murah. Paling tidak, teman saya tersebut bisa mendapatkan koneksi Internet gratis selama 90 hari yang merupakan bonus dari pembelian HP Modem tersebut. Selain itu, menurut kami berdua HP ZTE C261 terkesan elegan dan glamour. Beda dengan HP CDMA bundling lain yang biasanya terkesan murahan. Yah, jadi katakanlah sekalipun dia harus bersusah payah untuk mendapatkan koneksi Internet, tapi HP-nya lumayanlah untuk bergaya.

2 comments:

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger