18 July 2010

Menggunakan Modem SkyData U-100 di Windows 7

Bisakah modem SkyData U-100, yang merupakan modem bundling Flexi, dipakai di Windows 7? Jawabannya adalah bisa. Memang secara default, modem ini tidak support dengan Windows 7. Tapi dengan menginstall driver yang tepat, teman-teman bisa memakainya di Windows 7.
Nah, dalam artikel ini saya akan membagikan driver modem SkyData U-100 dan bagaimana cara menggunakan modem ini di Windows 7. Driver ini sebenarnya adalah driver untuk modem AnyData, karena itu nama drivernya saat teman-teman nanti mendownloadnya adalah AnyData Driver Installer-Uninstaller.


Lho apa hubungannya antara modem SkyData dengan AnyData? Sebenarnya hal ini bermula dari teman saya. Dia membeli modem bundling Flexi SkyData U-200. Suatu saat, dia bermaksud untuk menggunakannya di Windows 7, namun tidak bisa. Padahal di keterangan system requirements di kotak box modem tersebut tertulis kalau modem SkyData U-200 tersebut support dengan Windows 7 dan Vista. Singkat kata, teman saya tersebut mencari driver SkyData U-200 untuk Windows 7 tersebut di Internet.
Hal yang aneh adalah ternyata tidak ada perusahaan yang memproduksi modem SkyData. Teman saya tersebut nyaris putus asa, sampai akhirnya dia teringat kalau buku manual yang disertakan dalam modem tersebut adalah buku manual untuk modem AnyData.
Nah, dengan menggunakan bantuan Om Google yang baik hati, dia pun masuk ke situs AnyData. Tapi masalah baru muncul, tidak ada modem SkyData U-200, yang ada hanya sebuah modem AnyData yang mirip dengan miliknya.
Akhirnya teman saya tersebut mengirim email kepada administrator situs tersebut. Dengan bahasa Inggris seadanya, dia menjelaskan bahwa dia memerlukan driver SkyData U-200 untuk Windows 7 dan Vista. Setelah menunggu beberapa saat (atau hari), sebuah email balasan pun datang. Inti dari email tersebut adalah bahwa perusahaan AnyData tidak pernah membuat modem SkyData, jadi mereka tidak bisa membantu. Aneh kan?
Tanpa kurang akal, teman saya pun menjelaskan (dengan bahasa Inggris seadanya), bahwa modem SkyData U-200 tersebut mirip dengan sebuah modem AnyData seri xxx (maaf saya lupa serinya). Karena  itu, dia berpikir mungkin driver modem tersebut bisa digunakan untuk modemnya. Setelah menunggu beberapa saat, jawaban email pun datang. Kali ini, sang admin mengaku bahwa dia paham apa yang dimaksud teman saya dan memberikan link untuk mendownload driver tersebut.
Driver ini sudah kami coba baik untuk Modem SkyData U-200 maupun Modem SkyData U-110 di Windows 7. Namun sayangnya, software bawaan SkyData U-100 tidak bisa digunakan di Windows 7. Jadi, saya dan mungkin teman-teman juga harus menggunakan menu Network and Sharing Center yang ada pada Windows 7.
Begini caranya :
1. Download driver AnyData Installer/Uninstaller lalu setelah itu install di Windows 7.
2. Kemudian install software bawaan Modem SkyData U-100 yang disertakan dalam paket modem tersebut saat Anda membelinya.
3. Setelah itu, colokkan modem SkyData U-100. Tunggu sampai modem ini selesai menginstall port sebagaimana petunjuk buku manual.
Windows 7 secara otomatis akan mendeteksi keberadaan modem tersebut sebagai USB device (seperti saat anda memasukkan flash disk) dan secara otomatis akan menginstall driver port modem SkyData. Tunggu saja sampai proses penginstalan selesai.
4. Setelah itu cari ikon Network and Sharing Center di pojok kanan bawah layar komputer. Kalau tidak ada, Anda bisa mengaksesnya via Control Panel.
Ikon Network and Sharing Center di pojok kanan bawah
5. Klik ikon tersebut. Klik Opsi Open Network and Sharing Center. Lalu pilih "Set up a new connection or network ”. Setelah itu pilih "Dial Up Connection"

6. Atau coba cari ikon modem SkyData di Control Panel-Hardware and Sound-View Devices and Printers. Seharusnya Anda menemukannya.Klik kanan, lalu pilih opsi "Dial-Up Networking". Lalu pilih menu "Dial".Sebuah kotak dialog akan muncul. Isikan username dan password Anda. Ubah nomer dial-up ke #777 lalu klik "Dial"
Masukkan Username dan password, uba no dial ke #777

7. Nah seharusnya sekarang Anda bisa terkoneksi ke Internet. Karena software bawaan modem ini mati, Anda tidak bisa mengirim SMS atau melihat berapa lama Anda surfing di Internet. Untuk melihat berapa lama Anda ngenet, caranya adalah buka ikon Network and Sharing Center di pojok kanan bawah, lalu klik kanan pada ikon Cellular Profile/Modem SkyData, dan pilih status.


Cara alternatif lain untuk membuat koneksi Internet Dial-Up di Windows 7, coba buka di Belajar Komputermu

13 comments:

  1. makasih atas infonya, tapi setelah mengikuti urutan diatas ternyata tidak berhasil. karena setelah tahap ke 3, modem saya colokan tdk ada proses penginstalan driver seperti di xp. win 7 tetap tdk dapat mendetect driver anydata/driver bawaan skydata, mohon bantuannya mas. thanks

    ReplyDelete
  2. @amonim
    maaf mas, maksud penjelasan langkah ketiga itu bukan berarti windows 7 akan menginstall driver seperti pada windows XP. Memang cara penginstallan drivernya akan berbeda dengan windows XP.
    Maksud saya,colokkan modem Anda ke komputer Anda, setelah itu biarkan windows 7 mendeteksi dan menginstall driver modem skydata secara otomatis. Biasanya muncul tulisannya "Installing driver" atau sejenis itu. Setelah itu ikuti langkah 4 dstnya.

    ReplyDelete
  3. setelah saya extract driver any data, ada 2 icon : install & uninstall. sy install sesuai urutan di atas. pada tahap ketiga, setelah modem saya colokan, 'driver not found'. sy coba di semua port,tetap saja. pada device managernya driver utk modem tsb 'not found'. gimana solusinya mas. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  4. @anonim
    terima kasih untuk pertanyaannya
    sebelumnya saya ingin klarifikasi dulu, icon apa yang anda klik? install atau unistall?
    Atau coba uninstall dulu semua driver Skydatanya baik yang AnyData maupun driver bawaan dari paket pembelian modem.
    Restart komputernya, lalu ulangi lagi prosesnya.
    1.Klik install driver anydatanya.
    2.Setelah selesai (terinstall sempurna), install driver skydata untuk skydata u-100. tunggu sampai prosesnya selesai.
    3.Baru setelah itu colokkan lagi modemnya.

    Seharusnya prosesnya hampir serupa kalau kita mencolokkan flash disk yang belum pernah kita masukkan ke dalam komputer dengan OS Windows 7. Semoga saja ini menjawab. Atau ada teman-teman yang punya alternatif solusinya?

    ReplyDelete
  5. Modemnya bagus Saya dahlan dari madiun
    saya pake moden U 200



    Dahlan Madiun

    ReplyDelete
  6. modem sudah terinstall tetapi setiap di dial selalu muncul error 628, error apa itu mas? terima kasih

    ReplyDelete
  7. @ anonim
    maaf, saya hanya bisa mengarahkan Anda ke halaman google mengenai error 628. Ternyata memang beberapa orang mengalami persoalan yang sama saat mereka mencoba menghubungkan windows 7 ke Internet dengan modem dial-up.
    Coba klik link ini http://www.google.com/search?q=error+628+windows+7+vpn&ie=utf-8&oe=utf-8&aq=t&rls=org.mozilla:en-US:official&client=firefox-a

    ReplyDelete
  8. maaf sebelum nya mas....
    saya mau nanya nich....apa cara ini berlaku untuk semua windows 7 yang 32 bit dan 64 bit...

    mohon jawaban nya segera....
    terima kasih...

    Ramadhona-Medan
    (ramadhona.boy@gmail.com)

    ReplyDelete
  9. Driver Modem SKY DAATA U-100. Ada Ga Boz...?

    ReplyDelete
  10. pastikan juga klo komputer atau laptop anda tidak masalah dengan software tersebut,soale dilaptop saya yg paki os win 7 sering ngehang jika software any data n software bawaan dri skydata u-100 diinstal jg,mending lsg instal software bawaan aja tp kita buat dial upnya aja...

    ReplyDelete
  11. di pc aku lebih parah lagi:(
    dulu pakek vista bisa kedetect driver'a. tp pakek 7 ga tau knp ga kedeteck lagsung pas dicolokin modem'a., jadi seperti ga tercolok, padaahal kalo dicolokin yg lain/flashdis bisa!

    gmn tu om :)

    tq ..

    ReplyDelete
  12. kaya'a solusi akhir gw harus instal vm ware trus instal xp , n skydata dah situ:(

    ReplyDelete

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger