21 July 2010

Cegah Phising dengan Membuat Segel Akun Yahoo!

Sebelum membahas lebih jauh, cara ini hanya efektif untuk teman-teman yang memiliki akses Internet di rumah atau kantor, atau paling tidak memakai laptop atau komputer yang sama untuk mengakses Internet. Saya tidak yakin kalau cara ini manjur untuk teman-teman yang mengakses Internet di warnet.

Yahoo! akhir-akhir ini cukup getol menawarkan fitur untuk membuat segel khusus untuk komputer/laptop Anda setiap kali Anda ingin sign in ke akun Yahoo! Anda. Segel ini akan muncul setiap kali Anda berusaha mengakses akun Yahoo! baik Yahoo! Mail maupun layanan Yahoo! yang lain. Untuk apa ? Untuk memerangi phising.
Contoh halaman masuk Yahoo! yang telah dipersonalisasi dengan segel

Nah, mungkin beberapa teman-teman bertanya apa itu phisisng ? Phishing - plesetan dari kata "fishing" - adalah upaya untuk mencuri sandi dan info akun pribadi Anda. Phisher (pelaku phishing) dapat membuat situs web palsu yang tampak seperti situs perusahaan terpercaya seperti Yahoo! untuk menipu Anda agar memberitahukan nama pengguna dan sandi. Untuk mengetahui lebih jauh tentang phishing, kunjungi Pusat Keamanan Yahoo! .

Ada beragam skenario tindakan phisisng yang sering muncul. Misalnya, Anda menerima pesan dari "Yahoo!" yang mengatakan bahwa Yahoo! sedang mengadakan pengecekan ulang maka akun-akun yang tidak aktif akan dihapus. Karena itu Anda harus mengirimkan nama I.D dan password Anda, untuk memverifikasi kalau akun Anda masih aktif. Yang membuat pesan ini nampak sangat asli adalah isi dan gambar email ini benar-benar mirip seperti pesan resmi dari Yahoo!. Lalu kalau Anda tertipu, dan mengklik alamat Yahoo! di pesan tersebut, Anda akan dibawa ke sebuah situs palsu yang benar-benar mirip dengan Yahoo!.

Pesan serupa bisa datang dari pihak manapun. Bank Anda, Facebook, perusahaan kartu kredit dan berbagai layanan yang Anda gunakan. Intinya cuma satu yaitu meminta alamat rumah, nama I.D, password, no PIN, no rekening dan informasi-informasi rahasia. Padahal, pihak-pihak penyedia layanan asli tidak akan melakukan hal tersebut.

Nah, sebagai orang awam kadang-kadang kita susah membedakan apakah halaman Yahoo! yang kita masuki ini asli atau tidak. Untuk membantu kita, Yahoo! menawarkan fitur segel ini. Dapat berupa teks, gambar dan dikombinasi dengan warna. Segel ini akan muncul bila kita mengakses Yahoo! dari komputer yang sama saat kita membuat segel itu. Bila tidak muncul, Anda patut curiga mengenai keaslian halaman yang Anda kunjungi. Untuk lebih lengkap, coba baca tanya jawab mengenai membuat segel Yahoo!

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger