27 July 2010

Lindungi Blog Anda dari Aksi Copy-Paste dengan Tynt

Copy-Paste merupakan fenomena paling umum di jagad Internet. Definisi dari copy-paste dalam artikel ini adalah menyalin mentah-mentah (tanpa perubahan sama sekali atau dengan perubahan yang sedikit) dari tulisan blog atau situs lain untuk kemudian dipakai atau diposting di situs/blog lain entah milik sendiri atau orang lain.
Sebelum mulai, saya ingin mengatakan bahwa saya sendiri sebenarnya adalah pelaku Copy-Paste, he3x, tapi saya merasa sudah cukup bertanggung jawab. Kenapa? Karena saya selalu berusaha memberikan penghargaan kepada sumber artikel yang saya contek tersebut. Cara yang paling pertama tentu dengan menyebut nama blog/situs tersebut juga melink-balik situs/blog tersebut.


Kemudian tanpa tedeng aling-aling atau tanpa malu-malu, mengaku bahwa karya tulisan tersebut bukan karya milik saya. Entah saya hanya menerjemahkan, mencuplik atau copy-paste, saya akan berusaha menyebut siapa pembuat artikel tersebut (paling tidak blog/situsnya). Coba deh lihat artikel-artikel saya di blog Wedangan Kita ini.
Nah, yang paling saya benci, karena ini juga menimpa saya, adalah bila ada orang yang tidak tahu malu mencontek habis-habisan atau mengkopi utuh konten blog (saya) kemudian diaku-aku sebagai karya mereka. Mungkin sebagian dari mereka sengaja, atau mungkin juga tidak tahu mengenai etikanya.
Kalau dalam dunia pendidikan kita, hal tersebut disebut plagiarisme dan pelakunya disebut plagiat. Bila ketahuan, hal tersebut bisa merugikan sang pelakunya, terutama bila itu menyangkut hak cipta.
Halaman Muka Tynt.com


 Jadi, melalui artikel ini saya juga menghimbau teman-teman, ayo dong copy-paste secara bermartabat.Kalo ingin  copy-paste, tolong jujur sertakan dari mana sumber artikel copy-paste Anda. Jangan malu-malu melink-balik (backlink) sumber artikel Anda. Itulah yang disebut copy-paste beretika.
Nah, untuk teman-teman yang merasa kuatir artikelnya dicopy-paste, coba layanan gratis ini, Tnyt.com. Dengan menggunakan layanan ini, teman-teman justru akan merasakan manfaat bila orang meng-copy paste artikel Anda. Cara kerja Tynt.com ini adalah melindungi artikel Anda, sehingga saat orang menyalin tulisan Anda secara langsung dari blog/web Anda, lalu menempelnya (paste) ke blog/situs atau bahkan hendak dikirim via email, maka secara otomatis di akhir cuplikan artikel tersebut akan muncul tulisan nama blog/situs dan alamat blog/situs Anda.
Biarpun orang itu mencoba berkali-kali, alamat blog/situs Anda akan tetap muncul di akhir artikel yang mereka salin. Lebih ekstrim lagi, selain email dan blog, perlindungan ini juga berlaku bila mereka ingin menyalin artikel Anda ke software pengedit tulisan seperti Microsoft Word atau HTML Editor. Jadi secara offline dan juga online, blog Anda terlindungi.
Dengan cara ini, Anda justru mendapatkan keuntungan, yaitu bila orang itu tetap nekat atau mungkin menyerah dan memakai artikel Anda maka Anda mendapatkan link balik gratis. Rangking blog/situs Anda juga akan secara tidak langsung meningkat, begitu juga traffic  pengunjung Anda.
Cara untuk memakai layanan ini sederhana. Anda hanya perlu mendaftar dengan mencantumkan alamat blog/situs dan membuat sandi. Setelah Anda bisa membuat pengaturan lewat alat yang mereka sediakan. Setelah selesai, Anda tinggal menyalin script pengaturan yang Anda buat di blog Anda. Ikuti saja  petunjuknya.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger