31 July 2010

Bagaimana Menguji Kecepatan Koneksi Internet

Semakin murahnya modem dan layanan Internet di Indonesia membuat orang-orang bergegas membeli modem dan berlangganan layanan Internet tersebut. Sementara itu, fenomena lain yang muncul adalah munculnya berbagai macam artikel yang mengulas kualitas modem dan kecepatan koneksi Internet.

Nah, dalam artikel ini, saya ingin membahas mengenai cara yang biasanya digunakan para blogger saat mereka mengulas atau menguji kualitas kecepatan koneksi Internet modem bundling ataupun layanan Internet beberapa provider di Indonesia.



Biasanya salah satu layanan yang digunakan untuk menguji kecepatan koneksi Internet adalah Speedtest.net. Memang banyak sih layanan lain yang menyediakan fitur untuk menguji kecepatan Internet, tapi kenapa orang cenderung memilih Speedtest.net disebabkan karena situs ini simpel dan menarik. Semua orang entah yang sudah berpengalaman maupun masih awam seperti saya ini bisa melakukan test sederhana yang ditawarkan situs ini dengan cepat.

Berikut beberapa test yang biasanya (seharusnya) dilakukan :

1. Kecepatan Download/Upload



Test ini yang paling umum dilakukan dan hasilnya paling sering dibahas. Tetapi kenyataannya orang menemukan bahwa hasil test kecepatan download/upload tidak selalu sesuai dengan kenyataan. Karena itu mereka biasanya juga menyertakan hasil kecepatan download dengan menggunakan download manager seperti IDM.

Yang orang tidak sadari adalah, Speedtest.net menyediakan uji coba download dan upload dari berbagai server. Secara default, mereka akan merekomendasikan server dengan jangkauan terbaik untuk lokasi di mana kita menguji kualitas koneksi Internet. Jadi saat teman-teman mengklik tombol "Begin Tesr", maka Speedtest.net langsung memilih server itu.

Dengan kata lain, seharusnya kalau ingin hasil valid, kita harus mencoba memilih server yang berbeda. Mulai dari yang terdekat hingga terjauh. Toh pada umumnya kita kan membuka situs-situs yang servernya berada di luar negeri seperti Facebook, Youtube dll.

Caranya ? Lihat tanda segitiga berwarna biru di Speedtest.net. Biasanya saat kita mendekatkan mouse kita ke tanda-tanda bintang itu akan muncul keterangan nama dan lokasi server. Klik aja, dengan demikian teman-teman sudah memilih lokasi server tersebut.

2. Ping Test


Nah, jenis tes ini yang jarang diperhatikan dan dilakukan orang. Masih banyak orang yang kurang paham mengenai ping. Ping di sini beda dengan istilah ping yang dikenal para blogger. Kalau teman-teman selesai melakukan test download/upload, biasanya Speedtest.net menyertakan sebuah pengumuman, yang intinya mengatakan bahwa hasil tes bandwith (download dan upload) hanyalah sebagian dari gambaran keseluruhan dari kualitas Internet yang kita pakai.

Ping tes adalah tes lain untuk menentukan kualitas kecepatan Internet kita bila digunakan untuk beberapa hal seperti melihat video streaming di situs seperti Youtube dan juga bermain game online, melakukan video conference atau video chatting. Dua jenis kegiatan tersebut sekarang merupakan hal yang lumrah dilakukan oleh para pemakai Internet.

Penjelasan lebih jauh mengenai apa itu ping dan cara membaca hasil tes ping akan dibahas dalam artikel lain. Selamat mencoba kecepatan koneksi Internet Anda.

2 comments:

  1. infonya bermanggfaat sekali,,,salam kenal,,,jgn lupa kunjungi blog kami,,,

    ReplyDelete
  2. @ desain rumah..terima kasih untuk komentarnya

    ReplyDelete

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger