26 June 2008

Mengetahui Aman Tidaknya Suatu Software untuk Digunakan

Barangkali kita pernah atau sering mendownload software atau pernah saat kita asyik surfing di Internet kita diminta untuk menginstall suatu software, bagaimana kita mengetahui apakah software itu aman atau tidak ?


1.Pastikan sumber dari software itu bisa dipercaya


Apakah anda mengenal perusahaan yang mengeluarkan atau membuat software itu ? Apakah perusahaan itu dikenal luas ? Hal yang bisa dipertimbangkan adalah jika anda pernah mengalami pengalaman yang memuaskan saat mendownload atau memakai suatu software yang dikeluarkan suatu perusahaan. Bisa juga bila itu rekomendasi dari seseorang yang anda percayai.


2.Apakah anda membutuhkan software itu dan apakah anda tahu apa kegunaan software itu ?


Saat anda diminta untuk menginstall software dari suatu situs pastikan anda membutuhkannya jika tidak adakan suatu penelitian mengenai software itu dan kenapa situs itu ingin anda menginstall software itu.


3.Apakah situs itu mempunyai digital signature ?


Untuk melihat digital signature, bila anda menggunakan Windows XP, klik kanan software tersebut (sebelum diinstall) lalu klik Properties. Setelah itu klik Digital Signature.


Jika ada periksa apakah itu valid, apakah itu software yang memang anda minta dan dikeluarkan oleh perusahaan itu. Dengan digital signature anda dapat melihat :


-Apakah software itu telah disertifikasi. Pastikan sertifikatnya tidak kadaluarsa atau tidak ditarik kembali. Karena kalau ditarik kembali ini menandakan kalau ada persoalan dengan software itu atau perusahaan yang membuatnya.


-Identitas perusahaan yang menciptakan software itu.


-Apakah program itu sudah disusupi. Jika anda menggunakan Internet Explorer maka saat anda membuka alamat perusahaan pencipta software itu maka akan terdapat status keamanan dari perusahaan dan bagaimana kondisi software itu di adress bar.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger