26 June 2008

Memahami Sistem Keamanan Browser (Internet Explorer dan Mozila)

Suatu saat kita pasti pernah mengalami bahwa saat kita memakai beberapa browser seperti Internet Explorer dan Mozila muncul peringatan : To help protect your security, Internet Explorer has restricted this webpage from running scripts or ActiveX that could access your computer. Click here for options....


Di lain kesempatan kita hendak membuka jendela baru dari browser kita tetapi tidak bisa saat kita melihat di pojok bawah kanan kita melihat tanda pop up blocked. Dan hal lain-lain. Sebagian dari kita merasa bingung dengan pengaturan ini dan kadang-kadang merasa terganggu. Terutama kalau memakai Internet Explorer. Tetapi saat kita memakai Mozila dan membuka situs-situs tertentu kita mendapati muncul windows kecil berisi iklan. Setiap kali kita menutupnya akan muncul yang lain. Malahan ada yang terus bermunculan.


ActiveX adalah konten interaktif atau animasi yang digunakan oleh web. Termasuk di dalamnya kontrol ActiveX dan add-ons (toolbar tambahan seperti Yahoo Toolbar yang memasang toolbar search Yahoo, atau Google Toolbar yang memasang toolbar search di browser kita) yang adalah program kecil yang digunakan secara luas dalam dunia internet. ActiveX dapat membuat kita lebih nyaman karena menyediakan konten animasi,toolbar,video,indeks saham dll.


Lantas kenapa Internet Explorer dan Mozila membatasi ActiveX ? Karena program ini bisa disalahfungsikan atau memunculkan konten yang tidak kita minta. ActiveX dapat digunakan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengumpulkan informasi mengenai kita, merusak data dalam komputer, menginstall program atau software tanpa izin kita.Juga memberi celah sehingga orang lain mendapatkan kontrol komputer kita. Karenanya kita sebaiknya hanya mengizinkan ActiveX untuk website yang sudah kita percayai.


Untuk membuka blok yang dipasang oleh browser klik Information Bar yaitu tulisan yang intinya melarang ActiveX dan klik Allow Blocked Content.


Yang kedua mengenai istilah Pop Up blocked yang seringkali membuat kita jengkel karena membuat kita tidak bisa membuat kita membuka windows baru dalam jendela yang sama. Pop Up Windows adalah windows browser kecil yang dengan segera muncul ketika kita membuka suatu situs,biasanya dibuat oleh pemasang iklan dan berisi iklan. Pernahkan mengalami betapa jengkelnya kita saat sedang asyik membuka suatu situs dan tiba-tiba muncul iklan kecil yang bandel karena ditutup masih juga nongol ?


Nah Internet Explorer menyediakan fasilitas untuk mencegah pop up dan membuat kita mengatur mana pop ups yang boleh muncul atau tidak. Untuk mematikan atau menghidupkan pop up blocker pada IE klik Tools lalu klik Pop Up Blocker, untuk mematikan klik Turn Off Pop Up Blocker untuk menghidupkan klik Turn On Pop Up Blocker.


Untuk Mozilla kelihatannya tidak ada settingan untuk ActiveX dan hanya ada untuk Pop Up Block. Untuk menghidupkan atau mematikann Pop Up Block klik Tools-> Options-> Control Panel. Centang opsi Block Pop Up Windows untuk menghidupkan pop up blocker. Untuk mematikan hapus tanda centang opsi Block Pop Up Windows.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger