14 March 2012

6 Langkah Mengecek bila Gmail Anda dihack

Pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini memberikan banyak kemudahan dalam hidup kita. Kita bisa menggunakan berbagai macam teknologi seperti Internet, hp smartphone dll untuk menunjang kita dalam sekolah/kuliah atau bahkan bisnis kita.

Salah satu contoh teknologi yang mempermudah hidup kita adalah fitur-fitur online seperti Facebook, Twitter, akun email gratis yang disediakan Google alias Gmail.

Sayangnya, kita juga harus waspada terhadap berbagai kejahatan yang ternyata juga memanfaatkan kemajuan teknologi. Kasus akun Gmail di hack mungkin adalah salah satu kasus yang pernah dialami beberapa orang dan marak terjadi.

Jika Anda kuatir akun Gmail Anda di hack orang, ada baiknya Anda belajar enam langkah sederhana ini untuk mengecek nasib akun Gmail Anda. Cara-cara ini terbilang cukup mudah. Anda tidak perlu menjadi ahli di bidang komputer atau Internet.

Langkah 1: Periksa bagian 'Aktivitas Akun Terakhir' di Inbox Anda


Di bagian bawah sebelah kanan dari inbox Gmail Anda terdapat bagian 'Aktivitas Akun Terakhir'. Klik 'Detail' dan sebuah jendela baru akan terbuka.

Langkah 2: Lihat siapa yang mengakses akun Gmail Anda akhir-akhir ini

 

Berikutnya, apa yang Anda lihat adalah sebuah tabel berisi daftar aktivitas terakhir dari akun Gmail Anda. Daftar tersebut berisi:

-Bagaimana akun Anda diakses (lewat browser/ hp dll)
-alamat IP yang mengakses dan lokasi alamat IP tersebut (jadi Anda bisa menyelidiki hal ini lebih lanjut)
-Kapan akun Gmail Anda diakses.

Langkah 3: Mengerti tentang alamat IP- apakah Gmail Anda benar-benar dibobol orang?

 

Jika Anda melihat alamat IP dari berbagai macam negara, jangan terlalu cepat panik. Jika Anda menggunakan layanan pihak ketiga atau software untuk mengakses akun Gmail Anda, mereka akan tercantum dalam daftar tersebut. Untuk melakukan investigasi lebih jauh, Anda bisa menggunakan DomainTools untuk mengindentifikasi alamat-alamat IP tersebut. Hal ini akan membantu Anda membedakan aktivitas normal dan bila akun Gmail Anda dibobol orang.

Langkah 4: Memahami peringatan-peringatan-Cara Google menunjukkan aktivitas mencurigakan

 

Google juga melakukan monitoring untuk membantu kita dan akan memperingatkan Anda jika ada aktivitas mencurigakan di inbox Anda, juga di daftar aktivitas terakhir. Saat hal ini terjadi, dan alamat IP yang mengakses Gmail Anda terlihat mencurigakan, sangat disarankan bila Anda bermain aman dan mengubah password dengan segera.

Langkah 5: Klik "Keluar dari semua sesi lain'- Jika Anda lupa sign out dari komputer publik (seperti warnet atau Internet di kampus)

 

Jika Anda kuatir Anda lupa sign out saat menggunakan layanan Internet umum seperti Warnet, komputer di Perpustakaan dll, Anda bisa mengklik 'Keluar dari semua sesi lain'. Tindakan ini tidak akan mengembalikan akun Gmail yang dihack, tapi akan menyelesaikan setiap tindakan ceroboh yang mungkin Anda lakukan sebelumnya. Ini juga berguna jika Anda kehilangan HP Anda dan tidak ingin orang lain membaca email Anda.

Langkah 6: Apa yang harus dilakukan kalau akun Gmail benar-benar dihack?

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengubah password dan pertanyaan keamanan saat itu juga. Lalu, memastikan bahwa password dan pertanyaan keamanan itu benar-benar aman. Google sendiri memberikan beberapa tips yang bagus. Sebagai contoh, berikut tips untuk memilih pertanyaan yang bagus:

-Pilih pertanyaan yang hanya Anda yang tahu jawabannya-pastikan pertanyaan itu tidak berhubungan dengan password Anda.

- Pilih sebuah pertanyaan yang tidak bisa dijawab lewat penelitian (sebagai contoh, hindari pertanyaan mengenai nama gadis ibu Anda, tanggal lahir Anda, nama pertama atau terakhir Anda, nomer KTP, nomer HP, nama hewan kesayangan Anda)*

-Pastikan jawaban Anda mudah diingat tapi sulit ditebak orang lain. Gunakan sebuah jawaban dengan kalimat yang lengkap bahkan untuk pertanyaan keamanan sekalipun.

Langkah-langkah untuk mengecek apakah Gmail Anda dihack di atas tidak sulit kan?

* Orang-orang yang dekat dengan Anda bisa mencari tahu jawabannya. Bahkan beberapa mungkin bisa menemukannya di Internet (terutama jika Anda mencantumkan detail informasi tersebut di situs seperti Facebook).

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger