09 February 2012

Microsoft menghilangkan tombol Start di Windows 8

Seperti diberitakan di beberapa website di akhir pekan, beberapa screenshot dari Windows 8 menampilkan ‘super bar’, tapi tanpa bundaran tombol start di sisi kiri demikian The Verge melaporkan. Build 8220 akan menjadi versi final sebelum versi beta-nya atau yang sekarang dikenal dengan Consumer Review, dirilis sebelum akhir bulan ini.

Sampai waktu yang belum pasti, tombol Start di Windows 8 diletakkan di Metro UI menawarkan akses ke search, share, devices dan setting panels. Tombol Start di desktop hanya akan membawa Anda kembali ke Metro UI (User Interface).


Untuk mengganti tombol Start, Microsoft dilaporkan akan mengganti ruang yang kosong menjadi sebuah hot corner, kata beberapa sumber pada The Verge. Sorot mouse anda atau sapu jari anda ke hot corner, yang akan membawa Anda bolak-balik antara Metro UI dan desktop. Sebuah usaha Microsoft untuk menawarkan sebuah pengalaman yang konsisten di antara dua tempat tersebut.

Para penggemar tombol Start yang sekarang mungkin tidak akan senang. Tapi The Verges percaya bahwa Microsoft sedang mempertimbangkan hal ini baik-baik. Sisi positifnya, super bar akan tetap menjaga fungsi-fungsi yang ada di Windows 7 sebagai tempat untuk melaunching berbagai macam applikasi favorit Anda.
Windows 8 juga akan menampilkan ‘charms bar’ yang ditingkatkan, sebuah grup terdiri dari ikon-ikon transparan yang menyediakan akses ke fitur-fitur utama.

Charms bar bisa menjadi sebuah pengganti dari tombol Start Metro UI yang mati dengan menawarkan link ke search,share, devices dan setting panels.

Sejumlah pengguna Microsoft telah mengungkapkan kekuatiran mengenai ketergantungan Windows 8 pada Metro UI dan pengguna desktop PC secara khususnya mengeluh bahwa UI yang baru tidak begitu mudah dinavigasi dengan cara konvesional dengan mouse dan keyboard. Paling tidak itulah yang dialami di versi Developer Preview.

Menanggapi keluhan-keluhan tersebut dan memperbaiki sejumlah aspek di Windows 8, Microsoft telah berjanji bahwa Consumer Preview yang baru akan lebih user friendly untuk para pengguna desktop.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger