03 December 2009

Membangun PageRank lewat Networking Bagian 1

PageRank Google mungkin merupakan statistik yang paling diharapkan, diamati dan paling penting dalam seluruh bidang online marketing. PageRank mungkin sangat penting untuk para webmaster, para pengusaha online, pemilik bisnis kecil, pemilik bisnis menengah, pemilik toko online, bagi mereka, kemampuan untuk terlihat dalam hasil pencarian Google adalah hal yang sangat penting- dan PageRank menentukan kemampuan sebuah situs atau blog terlihat dalam hasil pencarian Google.


Apa itu PageRank ?
PageRank merupakan algoritma rangking internal Google. Memang formula dan hasil spesifik dari PageRank tidak dipublikasikan, kita bisa menggunakan beberapa layanan untuk melihat PageRank suatu situs atau blog. PageRank Google terdiri dari angka 0-10. Nilai PageRank terendah adalah 0 dan tertinggi adalah 10.Semakin tinggi angka PageRank suatu blog/situs maka semakin penting nilai blog/situs tersebut di mata Google.
Apa hubungan PageRank dengan hasil pencarian Google ? Hubungannya adalah web atau blog yang memiliki PageRank tinggi akan muncul di posisi atas dari hasil pencarian. Seperti yang kita tahu, setiap kali kita menggunakan Google untuk melakukan pencarian, Google akan menampilkan 10 hasil teratas. Dan semakin tinggi PageRank sebuah situs atau blog, maka semakin tinggi kesempatannya tampil di tempat teratas di 10 hasil teratas tersebut.
Google memang tidak mempublikasikan secara resmi cara mereka menghitung PageRank setiap blog atau situs. Mereka hanya mengatakan bahwa ada satu kunci penting dari penghitungan PageRank yaitu blog atau situs anda dilink oleh situs-situs/blog-blog lain atau yang dikenal sebagai incoming link.
Ada dua cara utama untuk sukses menggunakan Google sebagai rekan bisnis kita. Pertama adalah membangun incoming links (blog atau situs lain membuat link ke situs/blog anda) sebanyak mungkin. Kedua, mengoptimalkan situs/blog anda.
Kenapa banyak incoming link membuat PageRank kita naik ?
Secara teori, setiap halaman tunggal dari web/blog diindeks atau di-crawled / dirayapi oleh robot Google Spider ( Google memiliki sebuah software robot untuk mengindeks semua situs/blog yang ada di dunia Internet, disebut Google Spider dan saat Spider ini mengindeks blog dan situs, disebut sebagai crawl - merayap dalam bahasa Indonesia).
Bila ada banyak situs / blog yang membuat link ke blog kita, maka hal itu akan meningkatkan kesempatan bagi blog kita untuk di-indeks oleh Google Spider. Dan dengan demikian meningkatkan PageRank kita.
Alasan lain adalah Google menentukan tingkat kepopuleran atau pentingnya sebuah halaman situs/blog berdasarkan banyaknya link yang mengarah ke blog/situs kita. Sebagai contoh, bila situs A membuat sebuah link ke situs B, maka pasti ada sesuatu yang penting atau layak dibaca di situs B. Nah, seandainya ada 100 situs/blog yang membuat link ke situs B, status situs B akan naik di mata Google. Bayangkan seandainya ada 100.000 situs/blog yang melink ke situs B, wow situs B pasti benar-benar penting, begitu anggapan Google. Maka Google akan mempertimbangkan untuk menempatkan situs B di tempat teratas dari 10 hasil pencarian pertama Google saat ada yang mencari sesuai dengan kata kunci situs B.
Namun itu bukan berarti kalau Google akan menghitung mentah-mentah ke setiap 100.000 situs/blog yang melink ke situs B. Banyak ahli yang menganggap algoritma penghitungan yang digunakan oleh Google tidak sesederhana itu (menganggap karena cara penghitungan PageRank ini dirahasiakan.). Yang pasti, Google melihat atau mengevaluasi ’kelayakan’ situs-situs yang melink ke situs B. Jadi 10 link ke situs B yang berasal dari situs/blog dengan PageRank rata-rata 7 tentu saja dinilai berbeda dengan 100 link ke situs B yang berasal dari situs/blog dengan PageRank rata-rata 0.
Apa itu incoming links dan outgoing links ?
Seandainya ada dua blog yaitu A dan B. Bila blog A membuat sebuah link atau mencantumkan link alamat situs B di blognya, tindakannya akan disebut sebagai membuat outgoing link- membuat link yang mengarah ke alamat situs/blog lain. Sementara itu, tindakan blog A tadi, disebut sebagai incoming link bagi Blog B, artinya link dari blog/situs lain yang mengarah ke alamat situs/blog yang dimiliki. Mungkin alamat blog B diletakkan di sidebar di bawah judul Blog Teman/Blog Roll/Blog Lain.
Hal ini termasuk saat blog A memakai artikel yang dibuat oleh blog B dan diakhir artikel tersebut blog A mencantumkan alamat blog B sebagai tindakan apresiasi. Yang dilakukan blog A tetap disebut sebagai outgoing link, dan blog B mendapatkan incoming link dari Blog A.
Incoming Link : Link dari situs/blog lain ke blog kita
Outgoing Link : Link yang kita buat mengarah ke situs/blog lain.

Cara-cara yang umum di pakai untuk mendapat incoming link
Untuk mendapatkan incoming link, biasanya para blogger /webmaster melakukan exchanged link atau tukar menukar link. Dengan kata lain situs A akan membuat link ke situs B, dengan syarat situs B membuat link ke situs A juga. Atau timbal balik.
Berikut beberapa cara yang umum digunakan untuk melakukan tukar menukar link :
  • Jasa tukar-menukar link berbayar : Beberapa perusahaan marketing online secara khusus menyediakan layanan berbayar untuk membangun incoming link ke blog klien mereka. Umumnya mereka mencari sebuah situs dengan PageRank tinggi yang relevan/berkaitan dengan tema blog klien, dan menawarkan /meminta situs tersebut membuat incoming link ke blog klien. Tentu saja, blog klien itu membayar layanan perusahaan tersebut. Dan perusahaan tersebut juga membayar situs dengan PageRank tinggi tersebut. Biasanya situs berPageRank tinggi itu dibayar dari potongan uang yang blog klien tersebut bayarkan ke perusahaan. Contoh perusahaan penyedia jasa seperti ini adalah Text Link Ads.
  • Link Farms/Perternakan Link : Sebuah layanan jasa baik gratis maupun berbayar yang menawarkan pertukaran link ke sesama anggota, biasanya tanpa ada kriteria apapun atau tanpa pertimbangan apapun. Memang anda bisa mendapatkan banyak incoming link, tetapi dari blog/situs yang mungkin tidak relevan dengan tema blog anda. Google tidak menyukai link farm semacam ini. Karena pertukaran link yang diadakan hanya sekedar bertukar link, tanpa memperhatikan kualitas dan kesamaan tema yang dimiliki pihak-pihak yang terlibat. Jadi bukannya PageRank anda bertambah, mungkin PageRank anda malah turun.
  • Cara manual/pribadi : Cara ini berarti pemilik blog akan mencari situs/blog yang memiliki tema yang serupa atau satu bidang dengan blog yang dibuatnya. Membangun hubungan pertemanan dan meminta pertukaran link dengan blog/situs bersangkutan, sesuai dengan kesepakatan bersama. Intinya adalah hubungan kerja sama yang saling menguntungkan. Cara ini mungkin yang dinilai Google sebagai cara paling jujur dan bernilai tinggi.
Beberapa prinsip atau pertimbangan melakukan pertukaran link
Anda harus menjaga supaya anda hanya melakukan pertukaran link dengan blog atau situs yang berada di bidang yang sama. Bila anda membuat blog mengenai sinetron, maka carilah blog lain yang membahas hal yang sama. Bukan berarti harus blog lain yang membahas sinetron. Anda bisa mencari blog yang membahas serial televisi, telenovela atau serial drama Asia. Sekalipun topik yang dibahas berbeda, tetapi contoh di atas adalah blog-blog yang membahas kategori yang sama yaitu program televisi.
Akan lain halnya jika anda adalah blog yang membahas software tetapi tukaran link dengan blog yang membahas gosip selebritis. Keduanya tidak relevan.
Ada dua keuntungan bila melakukan hal ini :
  • Anda memiliki peluang berhasil paling besar bila ada sesuatu yang bisa anda tawarkan pada blog atau situs yang anda ajak melakukan pertukaran link-dalam hal ini yang anda tawarkan adalah relevansi. Pemilik blog atau situs umumnya lebih bersedia menerima tawaran menukar link dengan blog/situs yang bisa membawa pengunjung ke situs/blog mereka. Atau dengan istilah lain berbagi jumlah pengunjung (share traffic). Dan biasanya hal ini terjadi pada blog/situs dengan tema yang relevan.
  • Membuat link yang tidak relevan, menurunkan nilai blog anda. Membuat outgoing link atau link ke blog/situs lain, yang tidak relevan akan menjadi langkah optimalisasi situs yang buruk. Bahkan spider-nya Google juga akan memperhatikan sikap anda yang tidak pilih-pilih atau asal membuat link, dan akhirnya malah menurunkan PageRank anda.
Mengoptimalkan kode link untuk dipertukarkan
Bagaimana membuat kode link yang optimal untuk ditukar dengan link lain ? Sebelum mulai, untuk anda yang tidak paham, kode untuk membuat link adalah sebagai berikut :

<a href="alamat situs/blog">Teks /Tulisan<a>
Alamat situs/blog mengacu pada alamat situs/blog anda. Sedangan tulisan atau teks adalah teks atau tulisan yang bila diklik akan mengarah ke alamat situs/blog anda. Coba lihat contoh berikut :
<a href="http://wedangan-kita.blogspot.com">Wedangan Kita</a>
Hasilnya akan menjadi seperti ini : Wedangan Kita.
Tetapi sebenarnya ada cara yang lebih efektif bila anda ingin membuat link yang layak dipertukarkan. Ubah kode tadi menjadi seperti berikut :
<a href="alamat blog" title="deskripsi blog"> Teks atau tulisan</a>
Perbedaannya adalah tambahan tulisan title="deskripsi blog". Sebagai contoh, kita ubah alamat Wedangan Kita tadi, menjadi seperti di bawah ini :
<a href="http://wedangan-kita.blogspot.com" title="Blog Software Gratis, Download Software Gratis Semau Anda">Wedangan Kita</a>
Dan hasilnya akan menjadi seperti ini : Wedangan Kita.
Kelihatannya tidak ada perbedaan mencolok, perbedaan terlihat saat anda mengarahkan kursor mouse anda ke link tersebut. Coba saja, akan muncul semacam watermark berupa kalimat "Blog Software Gratis, Download Software Gratis Semau Anda" saat kursor mouse anda menunjuk ke link Wedangan Kita.
Sebagai permulaan, bila anda memiliki blog yang membahas software, tips dan trik ngeblog, cara mencari uang lewat blog atau membahas Internet, gadget kenapa tidak tukar menukar link dengan Wedangan Kita. Salin kode link Wedangan Kita seperti contoh di atas dan tinggalkan komentar di artikel ini. Paling lambat 2 minggu, saya akan membuat link balik ke blog anda.
Disarikan dari Buku "Building Your Business With Google For Dummies".

1 comments:

  1. link blog anda sudah terpasang di blog ku mas,,, mohon melink balik ya...
    matursuwun..:))))))

    ReplyDelete

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger