23 March 2009

Langkah-Langkah Mempromosikan Blog Dengan Gratis

Salah satu hal yang membuat para blogger pusing (terutama blogger pemula seperti saya) adalah cara untuk menarik lebih banyak pengunjung ke blog kita. Dan hal itulah yang membuat sebagian dari kita putus asa, apalagi setelah menulis beberapa puluh artikel dan kita melihat bahwa hanya sedikit orang yang membaca blog kita. Nah, supaya blog kita dikunjungi banyak orang kita harus mulai mempromosikan blog kita. Berikut cara-cara mempromosikan blog dengan gratis :


1. Masuk dalam 10 besar hasil pencarian.


Berikut cara-caranya :


a. Hampir 95 % pengguna Internet memakai search engines untuk memuaskan kebutuhan mereka akan informasi dan hiburan. Buat apa kita susah payah menghapal alamat internet yang mencapai milyaran bila ada search engines, ya gak ? Nah, supaya blog kita populer, berarti kita harus masuk dalam daftar 10 besar pencarian di Search Engines. Ada tiga search engines yang menjadi gol kita : Google, Yahoo dan MSN.


Terdaftar atau terindeks di Google sebenarnya relatif mudah, dibandingkan dengan di Yahoo. Apalagi bila blog anda menggunakan layanan Blogger. Untuk terindeks di Yahoo cukup susah. Anda bisa mencoba mendaftarkan blog di Yahoo (), Google () dan MSN ().


Tunggu selama 6 minggu ke depan dan cek secara manual dengan cara mengetikkan alamat atau judul blog ke search engines dan coba lihat bagaimana hasilnya. Atau cobalah dengan memasukkan keyword yang sesuai tema blog anda, kalau blog anda terdaftar dalam 10 besar hasil pencarian berarti anda hampir berhasil.


b. Daftarkan blog anda di blog directories.


Blog yang terdaftar di blog direktori semacam Technorati.com, biasanya mempunyai kecenderungan untuk di masuk dalam hasil pencarian. Apalagi ada fasilitas ping ( untuk memberitahu kepada dunia Internet bahwa ada konten baru di blog anda ) yang cukup berguna.


c. Menyediakan layanan feed.


Dengan layanan feed, para pembaca bisa berlangganan blog kita seperti orang berlangganan koran di dunia nyata. Dengan demikian, bila terdapat artikel-artikel atau info terbaru maka mereka akan tahu.


Biasanya situs-situs feed semacam FeedBurner.com juga akan mencantumkan artikel-artikel terbaru yang dibuat oleh blog-blog member mereka. Belum lagi Google dan Yahoo juga memakai situs-situs feed tersebut sebagai rujukan.


d. Bergabung dengan forum yang disediakan di search engines.


Yahoo menyediakan Yahoo Answer sebagai forum tanya jawab untuk para pengguna layanan mereka. Gunakan sebagai sarana promosi. Google juga menyediakan layanan Google Answer.


2. Rajin berkomentar di blog atau situs lain.


Cari situs atau blog dengan tema yang serupa dengan blog anda dan tinggalkan komentar di sana. Jangan komentar asal atau cuma mencantumkan alamat blog anda lalu mengajak orang mengunjungi blog anda. Itu namanya sabotase dan tidak sopan. Tinggalkan komentar terbagus anda.


Cobalah aktif di blog atau situs besar dengan tema yang serupa dengan anda. Dengan demikian anda punya kemungkinan kecipratan pengunjung. Semakin banyak anda meninggalkan komentar di sertai link ke blog anda, semakin besar kemungkinan blog anda dikenal search engines.


3. Tukar Menukar link


Setelah aktif komentar di blog orang lain, cobalah untuk meminta kepada para pemilik blog atau situs tersebut untuk bersedia mencantumkan alamat blog anda di blog atau situs mereka. Tentunya anda yang harus mulai lebih dulu dengan mencantumkan alamat blog mereka.


Kalau anda mempunyai blog atau situs dengan tema serupa dengan blog ini silakan membuat link ke blog ini, lalu silakan memberitahukan alamat blog atau situs anda.


4. Sediakan barang gratisan


Berikan sesuatu yang bisa didownload gratis untuk para pengunjung sehingga mereka senang. Bisa software gratis, lagu gratis. Atau cobalah membuat e-book tutorial yang di dalamnya tercantum alamat dan nama blog anda. Tentunya tutorial yang bagus. Lalu upload e-book itu ke situs penyedia e-book gratis seperti di ScripBD.com.


Setelah melakukan langkah-langkah di atas bukan berarti blog anda akan langsung menjadi terkenal, karena semua butuh proses dan waktu. Jangan lupa untuk terus menulis artikel-artikel yang berkualitas. Semakin banyak artikel anda dan semakin berkualitas artikel anda maka secara otomatis akan lebih banyak orang yang mampir di blog anda.


Artikel Lain :


Cara Praktis Promosi Blog (2)


Bagaimana Cara Mempromosikan Blog agar Mendatangkan Duit Melimpah

3 comments:

  1. thanks ya infonya benar2 berguna..

    slam kenal..

    ReplyDelete
  2. Ok Juga Cara nya . JANGAN LUPA LINK BALIK YA WWW.IHPFILM.BLOGSPOT.COM
    PASTI TIDAK KECEWA
    Waskum

    ReplyDelete
  3. @ indra
    aku nyoba buka blogmu tapi sudah dihapus ya ?

    ReplyDelete

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger