01 April 2009

PCMAV 2.0 Valkyrie sudah keluar




Ukuran : 2,59 MB ( zip file) dan sekitar 6, 42 MB (tanpa di-zip)


Download : Link 1

Update Build 2

Setelah para pengguna PCMAV lama menunggu keluarnya PCMAV 2.0 ( yang dikira akan keluar lebih lama lagi, karena bulan februari lalu baru PCMAV 1.93) akhirnya PCMAV 2.0 Valkyrie akhirnya direlease juga bulan Maret 2009 ini. Dan sekitar tanggal 18 Maret 2009, kita bisa mendownloadnya via Internet ( dari para pengguna yang lain maksudnya).


Untuk informasi detail mengenai PCMAV ini, silakan baca ulasannya dari blog atau situs lain, bisa juga dari readme.txt yang disertakan dalam file PCMAV 2.0. Kali ini, setelah mencoba saya cuma ingin mengulas versi terbaru ini.


Dari segi performa, PCMAV 2.0 terasa lebih ringan dari yang sebelumnya. Bahkan sekarang RTP (Real Time Protector)-nya juga lebih ringan dan cepat dibandingkan dengan sebelumnya. Sehingga rasanya puas memakai antivirus portabel ini. Ada beberapa fitur baru yang menjadi penutup kekurangan versi sebelumnya : karantina ( untuk mengkarantina file-file yang dicurigai sebagai virus bahkan terdapat fitur untuk mengirim file tersebut ke redaksi PC Media secara otomatis via Internet), opsi klik kanan "Scan with PCMAV" bisa untuk menscan folder, update otomatis via Internet. Dan plug-in untuk menyatukan engine core dengan ClamAV. Pihak PC Media mengklaim kalau terjadi peningkatan kecepatan hingga 40 % dari penggabungan di versi sebelumnya. Tapi terus terang aku belum mencobanya.


Proses scan memori saat antivirus lokal ini startup lebih cepat dibandingkan yang sebelumnya. Dan bila RTP sudah diaktifkan, PCMAV Cleanernya tidak akan melakukan scan lagi saat startup.


Dari segi penampilan, terjadi beberapa perubahan :


-Sekarang ada button minimize dan closenya.


-Warna antivirus ini berubah dari biru menjadi kuning, cukup menyegarkan.


-Terdapat button progress bar sehingga kita tahu berapa lama waktu yang tersisa.


Cuma yang lucu adalah simbol atau ikon antivirus ini bebek. Dan bukan bull eye seperti yang sebelumnya sehingga terkesan lucu dan kurang sangar. Secara keseluruhan, kupikir perubahan yang dilakukan tim PCMAV memuaskan. Tapi ada beberapa saran :


- Button progress bar diberikan tambahan informasi berapa lama scan sudah berjalan sehingga lebih komplit.


- Cleaner dan RTP segera dijadikan satu. Itu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Sehingga kalau disimpan dalam flash disk, bisa langsung "menyalak" saat diserang virus.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger