02 November 2012

5 Setting Keamanan Firefox

Selain memiliki software antivirus atau online security terinstall di komputer Anda. Salah satu langkah penting yang lain adalah mengaktifkan fitur-fitur keamanan di browser Anda. Nah, supaya kita bisa mengaktifkan fitur-fitur tersebut, kita harus paham dulu fitur-fitur keamanan yang dimiliki oleh browser yang Anda gunakan.

Bila Anda menggunakan Firefox, artikel ini akan menerangkan beberapa menu keamanan yang dimiliki si rubah api tersebut. Untuk mulai klik Options-Options. Lalu pilih tab Security (dengan ikon kunci). Berikut beberapa setting yang bisa Anda pilih untuk meningkatkan (atau menurunkan) keamanan Anda di Firefox dan bagaimana setting tersebut bisa melindungi Anda:

Warn me when sites try to install add-ons: 


Firefox akan selalu bertanya kepada Anda untuk mengkonfirmasi installasi add-on (software kecil yang bisa meningkatkan pengalaman dengan Firefox). Untuk mencegah instalasi yang tidak diinginkan, Firefox memperingatkan Anda saat sebuah website mencoba untuk menginstal sebuah add-n dan membloknya. Anda bisa menambah pengecualian terhadap peraturan ini terhadap situs-situs yang Anda percayai-klik Exceptions, masukkan nama situs dan klik Allow.

Block reported attack sites:


Centang pilihan ini jika Anda ingin Firefox mengecek apakah situs yang Anda kunjungi mencoba untuk menganggu fungsi normal komputer atau mengirim data pribadi tentang Anda ke pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab lewat Internet (perhatikan bahwa tidak adanya peringatan bukan berarti bahwa sebuah situs itu aman).

Block reported Web forgeries: 


Centang ini jika Anda ingin Firefox secara aktif mengecek apakah sebuah situs yang Anda kunjungi mencoba untuk mengarahkan Anda ke tempat yang salah sehingga Anda menyediakan informasi pribadi (tindakan menjebak pengunjung untuk menyediakan informasi pribadi sering disebut sebagai phising).

Remember passwords for sites: 


Firefox bisa secara aman menyimpan password yang Anda masukkan dalam form Web untuk mempermudah Anda log in ke website-website. Jangan centang piihan ini untuk mencegah Firefox mengingat password Anda (contohnya bila Anda menggunakan komputer umum). Bahkan jika Anda mencentang pilihan ini, Anda tetap akan ditanya bila Anda ingin menyimpan password dari sebuah situs saat kali pertama Anda mengunjunginya. Jika Anda memilih Never for This Site, maka situs akan ditambahkan pada daftar pengecualian. Gunakan Exceptions untuk mengakses daftar ini.

 Use a master password:


Firefox bisa melindungi informasi sensitif seperti password yang disimpan dan mensertifikasi dengan mengenkripsinya dengan menggunakan sebuah master password (password utama). Jika Anda menciptakan sebuah master password, setiap kali Anda memulai Firefox, browser ini akan meminta Anda memasukkan password tersebut setiap kali Anda ingin mengakses password yang tersimpan. Anda bisa membuat, mengubah dan mematikan master password dengan cara mencentang atau tidak mencentang opsi ini dengan mengklik pilihan Change Master Password.

Nah itulah fitur yang tersedia di bawah menu Firefox Security. Nantikan pembahasan fitur-fitur lain dan juga tutorial untuk meningkatkan keamanan Firefox Anda.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger