27 July 2012

TrendMicro luncurkan browser gratis, TrendOne

Kelihatannya beberapa perusahaan keamanan komputer dan Internet sekarang mulai melirik pangsa pasar browser. Tidak cukup dengan menciptakan ekstensi atau add-on untuk browser-browser yang ada, beberapa dari mereka sudah meluncurkan browser mereka sendiri.

Teman-teman mungkin sudah mencoba Comodo Browser yang dibuat oleh perusahaan keamanan terkemuka, Comodo. Browser ini mengambil engine Chrome sehingga memiliki tampilan yang serupa dengan Google Chrome. Bahkan theme dan ekstensi pun juga di ambil dari galeri Google Chrome.

TrendOne, browser berengine Firefox


Nah, baru-baru ini TrendMicro perusahaan antivirus juga meluncurkan sebuah browser yang dinamai TrendOne. Bekerja sama dengan Yahoo, browser ini mengambil engine Firefox. Sehingga jangan kaget bila browser ini benar-benar menyerupai Firefox. Perbedaannya adalah pada logo Firefox diganti dengan logo TrendOne yang berwarna merah. Halaman awal dan search engine defaultnya diganti.
Halaman awal (Home Page) TrendOne


Perbedaan yang mencolok lainnya adalah dua tambahan fitur baru yaitu chat via Yahoo Messenger langsung di browser TrendOne dan akses langsung ke Yahoo! Mail. Dua fitur ini terlihat di sisi kanan.

Selain itu, browser ini menawarkan fitur keamanan dengan cara mencegah Anda mengakses ke situs-situs tertentu yang mungkin berbahaya. Entah Anda mengakses situs itu langsung, melalui perantaraan sosial media, spam dari inbox email Anda atau dari hasil pencarian.

Plugin browser diblokir


TrendOne juga akan memperketat beberapa plugin dan fitur yang sering digunakan oleh malware untuk menyebar dirinya. Contohnya, saat saya mencoba browser buatan TrendMicro ini, fitur flash diblokir. Saat saya hendak mengupdate Adobe Flash, update tersebut juga diblokir. Di sisi atas terdapat sebuah peringatan bahwa fitur-fitur tertentu di situs yang saya kunjungi di blokir. Tapi saat saya mengklik "Detail" untuk melihat apa saja plugin yang diblokir, link yang tersedia tidak bisa dibuka.
Beberapa plugin diblokir saat mengunjungi sebuah situs.


Theme dan Add-on Firefox


Selain engine Mozilla, kita bisa menginstall add-on dan theme dari Firefox. Saya sudah mencoba menginstall add-on gtranslate yang biasanya saya gunakan di Firefox, dan ternyata berhasil.

Kesimpulan:


Bila keamanan merupakan sesuatu yang penting bagi kalian, dan kalian memilih untuk selalu menambah lapisan keamanan di komputer sekalipun sudah terpasang antivirus, firewall dll maka browser ini layak dicoba. Tapi, kalau kalian sudah merasa yakin soal keamanan komputer kalian, mungkin menggunakan TrendOne tidak akan berpengaruh terlalu banyak apalagi kalau kalian sudah menggunakan Firefox.

Informasi:


Lisensi: Software Gratis
Ukuran: 12 MB
OS: Windows XP, Vista, 7

Download:


1 comments:

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger