07 April 2012

Kirim SMS gratis tanpa software

Saat kami mencoba mencari software SMS gratis di Internet, yang kami dapatkan ternyata sesuatu yang berbeda. Software-software yang diklaim mampu mengirim SMS gratis itu ternyata tidak benar-benar gratis. Cara kerja beberapa software SMS gratis tersebut sebenarnya sama dengan kebanyakan modem wireless sekarang ini. Misalnya modem wireless EVDO yang sering kami pakai, di dalamnya terdapat sebuah software yang memampukan kami mengirim SMS atau melakukan panggilan lewat komputer. Tapi tentunya tidak gratis karena sisa pulsa yang ada dari berlangganan Internet akan digunakan sebagai biaya untuk mengirim SMS dan panggilan.

Jadi sama prinsipnya dengan software SMS gratis tersebut. Beberapa mengharuskan Anda untuk membeli SIM card dan berlangganan paket khusus yang bisa digunakan untuk SMS, dan berinternet. Beberapa software lain tidak akan memotong pulsa Anda, tapi memerlukan koneksi Internet (terutama yang unlimited) untuk bisa mengirim SMS gratis (tanpa potongan pulsa). Tapi sebenarnya software-software ini memakai layanan web-web yang kini tersedia di Internet untuk mengirim pesan pendek gratis.

Nah, kalau begitu kenapa harus repot-repot menginstall software? Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara menggunakan tiga layanan Internet yang memampukan Anda mengirim SMS gratis. Dua di antaranya sudah sangat familiar bagi teman-teman. Tentu saja Anda memerlukan koneksi Internet unlimited. Tiga layanan ini tidak akan memotong pulsa dan siapapun penerima SMS yang teman-teman kirim bisa membalas, hanya tentu mereka akan dikenakan biaya.

1. Kirim SMS gratis lewat Yahoo! Mail/ Yahoo! Messenger



Teman-teman pasti familiar dengan layanan Yahoo! baik Mail maupun Messenger. Selain mampu berkirim IM (instant messaging), email, kita juga bisa berkirim SMS. Berikut caranya:

a. Saat login ke Yahoo! Mail. Klik 'Tulis Pesan" lalu pilih opsi SMS. Atau kalian bisa langsung menekan huruf 'T' di keyboard untuk mengakses layanan mengirim SMS gratis.




b. Window Yahoo! Messenger terbuka. Sekarang tentukan di negara mana sang penerima tinggal (Yahoo! bisa dipakai untuk mengirim SMS ke luar negeri) dan masukkan nomer HP sang penerima.



c. Selanjutnya Anda tinggal menulis pesan SMS di kolom yang disediakan seperti saat teman-teman chatting. Tekan 'enter' untuk mengirim SMS.

d. Dalam percobaan ini, kami memakai salah satu handphone untuk membalas SMS yang dikirim via Yahoo!.


2. Kirim SMS gratis lewat Gmail



Gmail pun menyediakan layanan yang sama dengan Yahoo! Mail. Cara untuk mengirim SMS sebenarnya hampir sama dengan langkah-langkah di atas.

a. Masukkan nomer handphone penerima di kolom 'Ngobrol dan SMS'. Kolom ini ada di sebelah pojok kiri bawah.



b. Selanjutnya kalau Anda ingin, isi nama penerima dan simpan dalam daftar kontak Anda di Gmail.



c. Setelah selesai. Kolom kecil seperti kolom chat muncul di sebelah kanan bawah. Anda tinggal mengetik SMS yang ingin Anda kirim. Klik 'Enter' untuk mengirim.


d. Dalam percobaan ini, kami membalas SMS dari Gmail.



Baik Yahoo! maupun Gmail mendukung SMS gratis Internasional. Tetapi tidak semua operator seluler di dukung oleh kedua layanan ini. Untuk mengecek apakah operator seluler Anda dan sang penerima di dukung oleh kedua layanan, check daftar ini:

3. Kirim SMS via SMSgratis.web.id



Situs SMSGratis.web.id adalah layanan web untuk mengirim SMS ke seluruh GSM/CDMA di seluruh Indonesia.  Caranya hampir sama dengan kedua layanan di atas, hanya Anda tidak perlu mendaftar.

a. Masukkan nomer HP dan ketik SMS yang ingin Anda kirim.


b. Anda bisa melihat inbox seandainya saja ada balasan dari nomer HP yang Anda kirimi SMS.


c. Contoh balasan SMS.


Mungkin ada lebih banyak layanan untuk mengirim SMS gratis di sana. Tapi, semoga tutorial sederhana ini bisa menolong Anda.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger