03 December 2009

20 Cara Cepat untuk Meningkatkan Ranking Alexa Anda

Artikel berikut merupakan terjemahan dari artikel "20 Quick Ways To Increase Your Alexa Rank" yang ditulis oleh Maki. Thanks Maki, for your great post.

Alexa.com adalah sebuah cabang dari Amazon.com dan merupakan sebuah situs yang menyediakan informasi mengenai tingkat traffic (baca : pengunjung blog/situs) untuk website. Rangking Alexa diukur berdasarkan jumlah para pengguna yang mengunjungi sebuah website dengan menggunakan toolbar Alexa yang terinstall (dalam komputer yang mereka pakai).


Dalam artikel ini, saya akan memeriksa pentingnya rangking Alexa karena rangking tersebut berkaitan dengan proses monetisasi (memanfaatkan blog atau situs untuk mendapatkan uang) sementara secara singkat membahas beberapa kelemahan terkait dengan menggunakan rangking Alexa sebagai pengukur traffic yang bisa dipercaya/diandalkan untuk website apapun.
Terakhir, saya juga akan memasukkan 20 metode dan strategi ekstensif yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan rangking Alexa secara dramatis dalam waktu yang singkat dan bagaimana mempertahankannya.

Apa itu Alexa Rank /Rangking Alexa ?
Secara sederhana, rangking Alexa adalah sistem rangking berdasarkan skema rangking yang digunakan Alexa untuk mengukur level traffic yang diterima setiap website dari sejumlah orang yang mengunjungi sebuah website tersebut dengan Alexa toolbar terinstall di komputer yang mereka pakai.
Lihat juga penjelasan Alexa mengenai Alexa Traffic Rank :
Rangking traffic berdasarkan jumlah data traffic yang terkumpul selama tiga bulan dari jutaan pengguna toolbar Alexa dan data itu adalah sebuah kombinasi dari jumlah halaman yang dilihat para pengunjung dan jumlah pengunjung (reach). Sebagai sebuah langkah pertama, jumlah pengguna komputer (yang terinstall toolbar) Alexa (reach) dan jumlah halaman yang dilihat dari sebuah situs di web setiap harinya.
Traffic ranking Alexa utamanya berdasarkan geometric rata-rata dua jumlah rata-rata dari waktu ke waktu (jadi rangking sebuah situs menggambarkan baik jumlah pengguna {toolbar Alexa} yang mengunjungi situs tersebut juga jumlah halaman situs yang dilihat oleh para pengunjung tersebut).
 Kenapa anda ingin meningkatkan rangking Alexa anda ?
Webmasters, pemasang iklan dan jaringan iklan menggunakan rangking Alexa yang dimiliki blog anda sebagai sebuah pengukur untuk menentukan harga sebuah link dari blog anda. Jika anda bergantung pada link atau penjualan situs sebagai bentuk ’menguangkan’ atau memperoleh uang dari blog atau situs anda, anda jelas-jelas ingin meningkatkan rangking Alexa anda, karena jika rangking itu meningkat, daya tawar anda akan meningkat saat membahas harga memasang iklan di dalam blog/situs anda.
ReviewMe, Text Link Ads dan Sponsored Reviews hanyalah tiga jaringan iklan yang menilai kekuatan menjual iklan yang dimiliki blog/situs anda dari rangking Alexa.
Masalah-masalah dengan rangking Alexa
Rangking Alexa lebih condong terhadap website-website yang memiliki banyak pembaca dari kalangan webmaster/atau penggemar teknologi. Hal ini karena pengunjung yang merupakan webmaster atau yang paham mengenai web kemungkinan besar menginstall toolbar Alexa daripada website yang para pengunjungnya tidak sadar atau tahu mengenai Alexa.
Ada beberapa orang mengatakan metode Alexa tidak akurat dalam menentukan jangkauan website, traffic dan potential Saya setuju.
Alexa adalah sebuah cara konyol untuk mengukur traffic web tetapi sayangnya, dalam dunia Alexa yang tidak sempurna masih digunakan oleh para webmaster dan jaringan iklan saat mengukur nilai beriklan dalam website anda.
Saya mengerti kekurangan sistem rangking Alexa dan saya tidak akan membahas hal itu secara mendetail disini. Apa yang paling penting untuk saya adalah bahwa Alexa Rank telah menjadi element utama dalam strategi monetization.
Saya tidak memperhatikan kegunaan dan nilai Alexa tetapi kelihatan bahwa situs ini penting di mata para pemasang iklan kita.
Bagaimana saya memulai dengan Alexa ?
Ada dua cara mudah untuk mulai menggunakan Alexa. Jika anda menggunakan Internet Explorer, kunjungi alamat ini dan download Alexa Toolbar. Jika anda menggunakan Firefox, download SearchStatus extension yang menampilkan Alexa Rank, Google PageRank juga dengan fitur-fitur lain yang berguna.
Saya sangat menyarankan anda menggunakan Firefox dan SearchStatus daripada toolbar Alexa, yang menurut saya ukurannya lebih besar dan kurang berguna.
Bisakah seseorang benar-benar mempermainkan atau memanipulasi rangking Alexa ?
Saya percaya bahwa ada metode-metode yang akan membuat anda dengan mudah membuat rangking Alexa anda dari jutaan ke level 100.000. Akan tetapi, menurunkannya ke level 10.000 atau 1.000 dapat dianggap sebagai proses yang sulit, karena persaingan yang tinggi di antara website.
Beberapa tidak mau merubah pikirannya dan menyatakan bahwa tidak ada cara yang terbukti untuk mempermainkan Alexa, sementara yang lain mengaku bahwa auto surf dan scripts bisa bekerja di beberapa level.
Saya tidak akan mengambil salah satu sisi karena saya tidak bisa menjamin bahwa auto surf atau metode buatan akan memiliki efek yang sama untuk setiap blog.
Cara termudah untuk mengetahui bahwa cara-cara di bawah berhasil adalah dengan benar-benar mencobanya sendiri dan memonitor hasilnya.

20 Cara untuk meningkatkan Alexa Rank anda
Berikut beberapa koleksi metode yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan rangking Alexa anda. Kebanyakan tip-tip ini diambil dari beberapa rekan sesama webmaster yang saya tahu mengaku bahwa cara-cara tersebut menghasilkan hasil yang positif melalui percobaan mereka dengan rangking Alexa.
Beberapa tip lain diambil dari berbagai macam artikel dan sumber-sumber berbeda yang akan saya sebutkan di akhir posting.
Apakah tips-tips ini berhasil ? Menurut beberapa orang, ya benar-benar berhasil. Tetapi mohon diingat bahwa mereka membutuhkan usaha aktif, mereka akan bekerja selama anda selalu konsisten menjalankan tip-tip ini.
Untuk meningkatkan rangking Alexa anda dalam jangka waktu lama, saya sangat merekomendasikan anda berfokus pada mengembangkan konten berkualitas yang akan menarik dan mempertahankan banyak pengunjung daripada hanya berfokus pada cara buatan untuk meningkatkan rangking Alexa anda.
Konten yang layak dilink akan membawa peningkatan traffic yang alami dan merupakan sebuah cara yang mengesankan untuk secara pasif meningkatkan rangking Alexa anda.
Sangat penting untuk menekankan bahwa anda harus membaktikan usaha anda untuk menumbuhkan atau menambah jumlah pengunjung anda bersamaan dengan memadukan pelaksanaan dari tip-tip berikut ini :
  1. Install toolbar Alexa atau extensi Firefox SearchStatus dan atur blog anda sebagai homepage di browser anda. Ini adalah langkah paling dasar.
  2. Pasang widget rangking Alexa di web anda. Saya melakukannya beberapa hari yang lalu dan menerima beberapa klik setiap hari. Menurut beberapa orang, setiap klik dihitung sebagai sebuah kunjungan bahkan jika toolbar-nya tidak dipakai oleh sang pengunjung.
  3. Dorong orang lain untuk menggunakan toolbar Alexa. Termasuk teman-teman anda, sesama webmaster juga pengunjung atau pembaca blog/situs. Pastikan bahwa anda me-link ke penjelasan mendetail yang diberikan oleh Alexa mengenai toolbar mereka dan sistem pelacakan yang mereka gunakan sehingga para pembaca tahu toolbar apa yang akan mereka install.
  4. Apakah anda bekerja di sebuah kantor atau memiliki sebuah perusahaan ? Pasang toolbar Alexa atau extensi Firefox SS di semua komputer dan pasang web anda sebagai homepage di semua browser. Mungkin hal itu akan membantu hanya jika komputer di kantor tersebut menggunakan IP dinamis atau berbeda.
  5. Minta teman-teman mengulas dan menilai profile website anda menurut Alexa. Walaupun saya tidak yakin kalau hal ini berdampak tetapi mungkin hal ini menolong.
  6. Tulis artikel mengenai Alexa. Webmaster dan blogger suka mendengar mengenai bagaimana cara meningkatkan rangking Alexa. Mereka akan melink artikel anda dan mengirim pengunjung ke blog anda (dengan kata lain para pengunjung dengan toolbar sudah terinstall). Hal ini secara berangsur-angsur akan berefek pada rangking Alexa anda.
  7. Pamerkan URL anda di forum-forum webmaster. Webmaster biasanya memiliki toolbar terinstall dalam komputer mereka. Anda akan mendapatkan kunjungan dari para webmaster dan mampu menawarkan feedback yang berguna. Hal itu juga merupakan cara yang baik untuk membalas budi pada komunitas jika anda memiliki artikel yang berguna untuk dibagi dengan yang lain.
  8. Tulis artikel yang berkaitan dengan webmaster. Artikel tersebut bisa membahas domain dan SEO,dua bidang di mana para webmaster akan memiliki toolbar Alexa terinstall. Promosikan konten anda di web jejaring sosial dan forum webmaster.
  9. Gunakan redirect Alexa untuk URL web anda. Coba ini : http://redirect.alexa.com/redirect?www.doshdosh.com Ganti doshdosh.com dengan URL dari blog anda. Tinggalkan link ini dalam komentar blog juga tanda tangan forum. Redirect ini akan dihitung sebagai alamat IP unik setiap satu hari jadi mengklik link ini beberapa kali tidak akan membantu. Tidak ada bukti remsi bahwa redirect secara positif menguntungkan rangking Alexa anda, jadi gunakan dengan hati-hati.
  10. Posting artikel di web jejaring sosial kawasan Asia atau forum-forum. Beberapa webmaster telah menyarankan bahwa pengguna web dari Asia Timur adalah penggemar berat toolbar Alexa, menilai dari hadirnya beberapa website dari Asia yang muncul di Alexa Top 500. Saya menyarankan mencoba hal ini jika anda memiliki kapasitas untuk melakukannya.
  11. Ciptaan sebuah bagian webmaster tool di dalam website anda. Hal ini merupakan sebuah magnet untuk webmaster yang akan sering mengunjungi web anda untuk mendapatkan akses ke tool itu. Web Aaron Wall yang menyediakan SEO tool merupakan contoh yang sangat bagus.
  12. Dapatkan pengunjung yang menyebar artikel anda ke Digg atau Stumbled. Biasanya hal ini akan membawa banyak pengunjung ke web anda dan jumlah yang meningkat tajam itu akan menimbulkan dampak positif untuk rangking Alexa anda. Secara alami, anda perlu mengembangkan artikel yang layak untuk dilink.
  13. Gunakan promosi iklan Pay Per Click. Beli spot iklan di search engine seperti Google atau Exact Seek akan menolong anda memperoleh sejumlah pengunjung. Dua kali lipat menguntungkan anda bila iklan anda sangat relevan untuk webmaster.
  14. Buat sebuah kategori mengenai Alexa di dalam blog anda dan gunakan itu sebagai kategori saat anda menulis artikel atau berita apapun mengenai Alexa. Tindakan ini adalah sebuah sumber yang mudah diakses oleh webmaster atau para pengunjung yang datang dari search engine dan juga akan menolong rangking anda meningkat dalam sebuah hasil pencarian.
  15. Optimalkan posting populer anda. Anda memiliki posting populer yang secara teratur mendapatkan traffic dari search engine? Masukkan sebuah widget /graphic di bawah posting itu, link ke posting mengenai Alexa yang anda buat atau gunakan redirection dari Alexa di dalam URL internal anda.
  16. Beli banner dan link untuk mendapatkan pengunjung dari forum webmaster dan situs-situs. Iklan yang menyolok dan bagus akan menarik banyak pengunjung ke situs anda, yang bisa secara signifikan menaikkan rangking anda.
  17. Sewa editor grafis untuk mendandani web anda. Cara lain beli tanda tangan di sebuah forum web atau promosikan artikel tertentu atau materi tertentu di situs anda secara teratur. Anda bisa dengan mudah menemukan editor grafis untuk disewa di Digital Point dan forum webmaster lain.
  18. Bayar pemilik Warnet untuk menginstall toolbar Alexa dan memasang situs anda sebagai homepage untuk semua komputer mereka. Hal ini mungkin sulit untuk diatur dan sebuah solusi yang tidak benar-benar berhasil untuk kebanyakan orang. Tetapi beberapa orang mengatakan bahwa hal ini berhasil.
  19. Gunakan MySpace. Hal ini agak curang jadi saya tidak merekomendasikannya kecuali jika anda benar-benar tertarik untuk memanipulasi rangkin Alexa anda. Gunakan gambar yang menarik secara visual atau banner dan link gambar itu ke URL anda yang sudah diredirected ke Alexa. Hal ini efektif jika web anda memiliki konten yang sangat relevan dengan pengguna MySpace.
  20. Coba Alexa auto surf. Apakah mereka bekerja ? Mungkin untuk situs yang benar-benar baru. Saya pikir mereka akan sangat sesuai untuk situs baru yang sangat miskin rangking Alexa. Ingat bahwa akan ada masalah saat anda mencoba menggunakan auto surf bersamaan dengan iklan kontekstual seperti Adsense. Dan cara ini juga bukan solusi jangka panjang untuk meningkatkan rangking Alexa anda jadi saya sarankan anda berhati-hati dengan cara ini.
Sumber-sumber Artikel mengenai  Alexa Rank
Beberapa tip di atas di ambil dari artikel Aaron Wall mengenai rangking Alexa. Aaron menunjukkan beberapa prasangka dari Alexa.
Angka Alexa yang semakin sedikit berarti semakin banyak jumlah pengunjung dan jumlah pengunjung menurun secara logaritma. Anda bisa memalsukan sebuah skor Alexa menggunakan berbagai macam teknik, tetapi jika skor itu menunjukkan rangking anda dalam angka jutaan berarti situs anda memiliki sedikit pengunjung.
Alexa sendiri tidak begitu berarti, tetapi hanya sekedar memberikan cuplikan kasar mengenai apa yang sedang terjadi. Skor Alexa bisa dispam, tetapi jika sebuah situs memiliki rangking jutaan maka situs tersebut cenderung memiliki pengunjung yang sedikit.
Peter Norvig menulis mengenai Alexa Toolbar dan dia menguji beberapa persoalan dengan Alexa sebagai sebuah alat mengukur traffic :
Tetapi salah satu prasangka yang mereka tidak benar-benar tanggapi adalah : data akan sangat baik bila data itu mewakili sebuah sampel acak dari pengguna internet, tetapi faktanya data itu hanya mewakili mereka yang menginstall toolbar Alexa, dan bahwa sampel itu tidak acak.
Orang yang menjadi sampel harus cukup canggih untuk tahu bagaimana menginstall toolbar, dan mereka harus punya alasan-alasan untuk menginginkan toolbar itu. Ternyata toolbar tersebut memberitahu anda mengenai situs web, jadi toolbar itu berguna untuk orang-orang dari industri Seo, jadi toolbar itu terlalu mewakili orang-orang tersebut.

6 comments:

  1. mantab kawan... postingan yg sangat bermanfaat....

    ReplyDelete
  2. @JERAT SITUASI
    thanks atas komentarnya, semoga membantu anda.

    ReplyDelete
  3. bagus nih makasih pengetahuannya

    ReplyDelete
  4. @Ayu Sintya
    Thanks untuk komentarnya

    ReplyDelete
  5. oh gitu m\lumayan bermanfaat sekali.. aku izin copas ya

    ReplyDelete
  6. @portal-komputer
    silakan asalkan disertakan link ke blog ini sebagai sumber penerjemah

    ReplyDelete

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger