13 April 2009

RTP PCMAV 2.0a tidak bisa dijalankan

Merasa puas dengan performa PCMAV 2.0, saya merasa antusias untuk menunggu keluarnya versi berikutnya. Dan pada tanggal 3 April tahun ini, akhirnya keluar juga PCMAV 2.0a. Karena tidak punya uang untuk membeli majalahnya, dan kalau pinjam di rental majalah selalu keduluan maka saya mendownload PCMAV dari salah seorang blogger.


PCMAV Cleaner-nya bisa dijalankan, tetapi masalah muncul saat RTP ( Real Time Protector) PCMAV 2.0a hendak dijalankan. Sebuah peringatan muncul " For Upgrade or first usage, please run RTP.exe" ( untuk upgrade atau penggunaan pertama kali, silakan jalankan RTP.exe). Namun saat saya mengklik RTP.exe, peringatan serupa muncul.


Kali pertama hal ini terjadi, saya berpikir bahwa ini dikarenakan file PCMAV yang saya download itu rusak . Maka saya mencari blog lain untuk mendownload PCMAV 2.0a lagi. Setelah itu, saya mencoba menjalankan RTP.exe-nya dan hasilnya sama. Maka saya menyimpulkan hal ini terjadi karena kerusakan PCMAV 2.0a berasal dari PC Media. Dan berarti saya harus sabar menunggu edisi berikutnya. Toh, PCMAV Cleaner-nya bisa digunakan.


Nah, saat hendak mendownload update-an PCMAV lewat situs resminya (www.virusindonesia.com, website resmi PCMAV) saya iseng meninggalkan komentar tentang permasalahan yang saya alami. Tentu dengan harapan semoga ada penyelesaian. Dan ternyata ada satu rekan yang juga mengalami masalah yang sama.


Untungnya seorang pengguna PCMAV lain (thanks untuk tipsnya), memberikan tips sederhana untuk mengatasinya. Dan...berhasil!! Ternyata persoalannya cukup sepele.

PCMAV RTP tidak bisa dijalankan

Dalam C:’WINDOWS’system32, terdapat file PCMAV RTP (RTPscan.dll & RTPSvc). Nah dua file ini sebaiknya kita delete atau rename. Dan RTP-nya akan berjalan.

PCMAV RTP Tidak Bisa Dijalankan

Walaupun sederhana, tetapi sebenarnya persoalan seperti ini hanya terjadi ( paling tidak yang saya alami) di versi 2.0a. Jadi semoga PC Media punya solusi sehingga kita tidak perlu melakukan solusi di atas secara manual setiap kali upgrade.




Penjelasan Mengenai RTP


RTP atau Real Time Protector merupakan bagian dari antivirus yang berfungsi sebagai penjaga yang secara aktif akan memeriksa lalu lintas data dan proses-proses termasuk di dalamnya proses download, upload, copy dll. Real Time Protector akan secara otomatis menjaga agar lalu lintas data dan setiap proses software yang berjalan bersih dari malware ( baik virus, spyware, trojan dan worm tergantung fitur antivirus yang bersangkutan). Proses real time protector berlangsung otomatis selama komputer hidup (kecuali bila dimatikan).


Dalam antivirus lain, biasanya Cleaner ( Pembersih virus) dan RTP menjadi satu. Dalam PCMAV, kedua fitur utama ini terpisah.





0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger