11 August 2008

Pentingnya Mengupdate Software Kita

Kenapa begitu penting untuk mengupdate software kita secara teratur ? Dalam dunia komputer ada istilah "bug". Bug dalam kasus ini bukanlah serangga. Tetapi kesalahan atau error yang terjadi saat suatu program sedang berjalan.

Apa yang akan terjadi bila terjadi "bug" pada software kita ? Akibat paling ringan adalah adanya pesan error dari software yang kita pakai kalau telah terjadi kesalahan sehingga program tidak bisa dijalankan. Akibat terberat adalah operating system kita menjadi rusak. Selain itu, software kita menjadi rentan terhadap ancaman seperti virus, malware, spyware dll.

Untuk mengatasi hal  tersebut, para progammer komputer menciptakan "patch" untuk software tersebut. Terkadang dibuat dalam bentuk data tunggal, kadang-kadang disertakan dalam versi yang terbaru.  Jadi, secara logika bila kita mengganti software-software kita dengan versi terbaru, kita telah menginstall patch tersebut.

Bagaimana kita mengupdate software yang sering kita pakai ? Carannya mudah, biasanya setiap software selalu menyertakan menu Help. Klik Help, lalu klik Check Update. Secara otomatis software tersebut akan mengecek apakah tersedia versi terbaru di server mereka. Lalu mendownload versi terbaru.

Bagaimana kalau komputer kita tidak terkoneksi dengan internet ? Mudah saja. Klik Help lalu klik About Us/About. Biasanya terdapat alamat web softwares tersebut. Ingat, dan setiap saat bila kita surfing kunjungi situs itu dan download versi terbaru. Atau kalau tidak mau repot,cobalah software khusus untuk melakukannya. Cobalah Secunia Software Inspector. Syaratnya anda harus memiliki koneksi internet.

0 comments:

Post a Comment

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger