24 January 2013

Backup Website dengan BackupSF

Ulasan


Bila Anda memiliki bisnis online atau pekerjaan online berbasis web, kesuksesan bisnis serta pekerjaan Anda bergantung kepada berfungsinya website Anda. Kehilangan file dan database yang tidak bisa didapatkan kembali bisa menjadi sesuatu yang disayangkan, tapi dalam kebanyakan kasus bisa menjadi sebuah tragedi, seperti halnya bila kita kehilangan sumber penghasilan.

Tentu saja, penyedia layanan hosting sekarang ini cukup bisa diandalkan dan merupakan sebuah kasus yang jarang di mana layanan hosting mengabaikan pentingnya backup data. Tapi bukannya hal itu tidak mungkin terjadi. Situs-situs bisa saja dihack sehingga database rusak dan file terinfeksi.

Control panel dari hosting web seperti DirectAdmin, cPanel, ISPConfig, GPLHost, ISPmanager memiliki cara-cara yang berbeda untuk membackup situs. Tapi Anda perlu mengecek kembali bila Anda bisa mengembalikan backup situs Anda dengan berbagai cara. Anda mungkin mengalami kesulitan seperti misalnya backup jarang dilakukan, dilakukan tidak dengan jadwal yang teratur dan malah kadang-kadang tidak dilakukan sama sekali. Situs-situs besar memiliki kesulitan lain- backup yang ada malah memenuhi ruang penyimpanan yang disediakan oleh layanan web hosting, karena itulah Anda tidak bisa membackup database secara teratur karena akan memenuhi ruang server.

Tapi ada masalah lain- salinan database dari sebuah situs bisa hadir secara fisik di hard disk yang sama di mana situs tersebut online sehingga terjadi crash, baik database situs itu dan backup-nya menghilang.

Jika Anda ingin membuat backup data dari situs/blog Anda, hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah-Anda bisa membackup file situs Anda menggunakan klien FTP gratis seperti FileZilla, dan mengimpor database tersebut lewat PhpMyAdmin- caranya adalah dengan memilih database yang ingin dibackup dan klik “Import”.

Hal ini bisa menjadi kebiasaan rutin Anda, tapi persoalannya adalah bila Anda memiliki banyak blog/situs. Tentunya untuk melakukan hal ini secara manual akan menyita waktu kita. Karena itu, Anda bisa mencoba menggunakan program seperti BackupSF. Program ini akan secara independen dan teratur melakukan backup terhadap database dan file situs Anda di komputer lokal. Yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan username dan password, nama database, usernama dan password dan alamat server database dan mengatur jadwal backup. Jika Anda tidak yakin bila komputer pribadi Anda aman dan bisa diandalkan, Anda bisa melakukan sinkronisasi dengan layanan seperti Dropbox, SugarSynk, Google Drive dalam layanan penyimpanan awan sejenis sebagai folder backup dari program BackupSF.

Sebuah backup data bisa dianggap paling bisa diandalkan bila salinan backup disimpan di tiga tempat berbeda. Pertama bila backup dilakukan oleh penyedia layanan hosting, lalu kedua bila salinan backup tersedia di komputer Anda dan yang ketiga salinan backup itu disimpan dalam layanan penyimpanan awan (cloud storage). Dengan demikian Anda bisa tenang.


Informasi:


Lisensi software: Trial Sofware
Ukuran: 5,5 MB
Sistem operasi: Windows XP, Windows 7, Windows Vista


Backup SF Pro Dijual Seharga $39, Apakah Anda Tertarik Mendapatkan Lisensi gratisnya?

Download:



1 comments:

  1. untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan kita memang harus sellau membackup web
    terima kasih atas info softwarenya, sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete

 

Blogroll

About

Copyright © Wedangan Kita Design by BTDesigner | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger